Home / Pagaralam / Oknum Pelajar Terlibat Komplotan Bongkar Rumah

Oknum Pelajar Terlibat Komplotan Bongkar Rumah

ilustrasi,Okum Pelajar Terlibat Komplotan Rumah Kosong
Pagaralam,KoranSN
Menyesal tiada guna, seperti ungkapan dua pelajar, ‘RO’ (17) dan ‘BA’ (16) yang menyesal atas perbuatannya melakukan kejahatan.Keduanya merupakan komplotan curat ‘RB’ Cs, ketiganya warga Dusun Tanjung Aro, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagralam Utara. Aksi mereka mereka terpaksa berujung digelandang oleh jajaran unit Reskrim Polsek Pagaralam Utara pimpinan Aiptu Sutrisno.

Informasi yang dihimpun, penangkapan kepada ketiga tersangka ini lantaran melakukan aksi pencurian di dua TKP berbeda.Yakni, membongkar rumah di Swakarya, Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Pagaralam Utara pada 15 Februari lalu, mereka berhasil mencuri rokok, celengan, resever parabola, dan uang di warung milik Susilawati.

Kemudian tersangka kembali beraksi tanggal 29 Maret lalu, membongkar warung Irpan di kawasan simpang empat Pematang Bange-Koramil Lama, Dusun Pagarbanyu, Kelurahan Kuripan Babas, Kecamatan Pagaralam Utara.

Dalam aksinya mereka sukses membawa kabur 4 unit Hp, laptop Accer, TV Led merk Sharp, power bank, 2 buah jam tangan, salon aktif, beras 20 kg. Modus aksi kejahatan yang dilakukan para pelaku dengan merusak jendela belakang rumah korban menggunakan parang dan arit, seperti di TKP kediaman korban Irpan. Dalam aksinya, ‘RB’ dan ‘BA’ pelajar kelas XI SMK ini masuk ke dalam dan mengacak-acak mencari barang incaran mereka, sementara ‘RO’ yang merupakan pelajar SMA ini bertugas berjaga-jaga di luar.

Baca Juga :   Pelajar se-Kota Pagaralam Diajak Tingkatkan Minat Baca

Pengakuan tersangka ‘RB’, aksi kejahatan pertama di kediaman Susilawati mereka beraksi berempat, besama RO, BA dan PD (DPO). Sementara di warung milik Irpan, mereka beraksi bertiga.

“Hasilnya sebagian dijual, uangnya untuk beli rokok, minyak motor danjajan. Aksi kedua sempat dapat bagian Rp. 200 ribu,” ulas ‘RO’ diamini rekannya ‘BA’ yang mengaku menyesal atas perbuatan mereka.

Kapolres Pagaralam AKBP Hendra Gunawan SIk MSi didampingi Kapolsek Pagaralam Iptu Martono melalui Kanit Reskrim Aiptu Sutrisno dikonfirmasi pihaknya membenarkan adanya penangkapan komplotan pencurian dengan pemberatan melibatkan pelajar.

Baca Juga :   Wako Pagaralam Minta Warga Galakan Program Kampung KB

“Tersangkayang berhasil ditangkap tiga orang, sementara dua komplotan lainnya masih buron,”  tukasnya.Pengungkapan kasus komplotan curat ini berawal penangkapan kepada ‘RB’ di kediamannya. Dari nyanyiannya yang dididuga otak rencana kejahatan ini kemudian dikembangkan, Selasa (12/4) dua tersangka lainnya berhasil diringkus sekitar pukul 10.00 WIB dan pukul 12.00 WIB didua lokasi berbeda.

“Dari pengungkapan kasur curat komplotan ini, anggota Satreskrim berhasil mengamanakan sejumlh barang bukti kejahatan mereka seperti dua unit Hp, TV Led Sharp, power bank, dua buah jam tangan. Barang bukti kejahatan ini berhasil dikumpulkan setelah sempat dijual kepada orang lain, mereka diancam Pasal 365 KUHP. (asn)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Kapolres Pagaralam Resmikan Lapangan Tembak ‘Parama Satwika 98’

Pagaralam, KoranSN Kapolres Pagaralam AKBP Trisaksono Puspo Aji meresmikan Lapangan Tembak ‘Parama Satwika 98’ di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.