Oknum RT di Bangka Tengah Diduga Pungli Uang BLT

Oknum RT di Bangka Tengah Diduga Pungli Uang BLT. (foto-antaranews)

Koba Babel, KoranSN

Seorang oknum RT di Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diduga melakukan praktik pungutan liar (Pungli), dengan meminta bagian uang bantuan langsung tunai (BLT) yang diterima warga setempat.

Kepala Desa Nibung Roni Pahrizal tidak menampik adanya oknum RT yang notabennya adalah perangkat pembantu pemerintah desa, yang mengutip dan meminta uang BLT kepada sebagian warga penerima.

“Setelah kami telusuri, memang ada tujuh warga mengaku sebagian uang BLT diberikan kepada ketua RT sebagai bentuk uang terimakasih,” ujarnya.

Baca Juga :   2 Pelaku Pembunuhan Anggota Brimob di OKUS Masih Diburu Polda Sumsel

Namun demikian, kata dia, oknum RT itu hanya meminta secara sukarela atau tidak ada paksaan dan uang tersebut juga diberikan kepada warga lain yang belum mendapatkan dana tersebut.

“Kalau berdasarkan pengakuan dari oknum RT, uang tersebut dipungut dia secara sukarela dari tujuh warga penerima. Jadi tidak ada paksaan, ada 18 warga penerima dan hanya tujuh yang dimintainya,” ujarnya.

Meskipun demikian, kata Roni Pahrizal bahwa apa yang dilakukan oknum RT tersebut tanpa sepengetahuan dirinya.

“Oknum RT itu melakukan tindakan di luar pengetahuan saya, sama sekali tidak ada instruksi dari pemerintah desa atas praktik pungutan itu,” ujarnya.

Baca Juga :   Mahasiswi Jadi Korban Penipuan Undian Mobil

Walaupun demikian, pihaknya tetap menindaklanjuti praktik yang sudah dilakukan oknum RT tersebut.

“Walaupun oknum RT tersebut mengaku uang itu dikumpulkannya dan kemudian diberikan kepada warga yang sering datang ke rumahnya yang mengeluhkan tidak menerima BLT,” ujarnya. (Antara/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Sinyalir Bupati Gunakan Anggaran COVID-19 Demi Pencitraan Pilkada

Palembang, KoranSN Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, institusinya mensinyalir sejumlah oknum bupati/walikota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.