Home / Gema Sriwijaya / OKU Peringkat 3 Derita HIV/AIDS

OKU Peringkat 3 Derita HIV/AIDS

Kuryana Aziz.

Baturaja, KoranSN

Ketua PB Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis, mengaku prihatin mengetahui Kabupaten OKU masuk peringkat ketiga penderita HIV/AIDS di Sumsel setelah Kota Palembang dan Prabumilih.

Menurut Kuryana, berdasarkan data yang dimiliki oleh KPA Kabupaten OKU, saat ini sudah terdeteksi sebanyak 62 orang penderita HIV yang ditangani konsuler.

“Kita tidak bisa untuk menghentikan meluasnya penyakit yang membawa maut itu, tapi paling tidak Pemerintah bersama-sama dengan KPA bersama para relawanya bisa memberikan sosialisasi aktif untuk melakukan pencegahan, baik sasaranya para penderita maupun masyarakat luas yang belum terinfeksi,” ungkap Bupati OKU ini saat menggelar rapat membahas tentang HIV/AIDS, kemarin.

Bupati meminta aparat penegak hukum, terutama Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan kepolisian setempat terus berkoordinasi dengan membentuk tim terpadu bersama KPA melakukan langkah tepat hingga penderita HIV/AIDS tidak bertambah jumlahnya.

terpisah, ada ratusan wanita pria (Waria) berharap pemerintah daerah melakukan pemeriksaan berkelanjutan tentang kondisi kesehatan mereka, terutama kelompok komunitas pengusaha salon kecantikan.

Permintaan ini diungkapkan salah satu waria yang juga penggiat anti AIDS yang enggan disebut namanya. komunitas ini menyebar di 60 salon yang dalam Kota Baturaja.

Dikatakanya, anggota komunitas ini sudah lama menginginkan pemeriksaan HIV/AIDS, namun niat itu selama ini terganjal oleh rasa malu, jika mereka tertular kerahasiaanya tidak terjaga.

Terkait permintaan ini Bupati OKU yang juga ketua PB KPA OKU menyambut baik rencana itu dengan membuka peluang agar para Waria memeriksakan diri ke klinik yang ada di RSUD Ibnu Sutowo dan Klinik Puskesmas Lubuk Batang didampingi oleh anggota KPA yang selama ini sudah bermitra dengan mereka. (had)

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Talang Jawa Tak Pernah Diangkut Petugas

Lahat, KoranSN Sejumlah warga yang biasa beraktifitas di Jalan Letnan marzuki mengeluhkan tumpukan sampah di ...

error: Content is protected !!