OKUT dan OKUS Diterjang Banjir Bandang

Dengan menggunakan perahu, Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi menyerahkan bantuan kepada warga terdampak bencana banjir. (foto-ist)

OKUT, KoranSN

Hujan deras yang mengguyur Kabupaten OKU Timur (OKUT) dan OKU Selatan (OKUS), membuat sungai yang ada di dua kabupaten tersebut meluap sehingga menimbulkan banjir bandang.

Akibat bencana tersebut, Minggu (10/5/2020) Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi dan Bupati OKU Selatan Popo Ali memberikan laporan kepada Gubernur Sumsel, H Herman Deru terkait kondisi terkini banjir yang terjadi melalui video confrance.

Bupati OKU Timur, HM Kholid Mawardi mengatakan, dampak banjir akibat luapan Sungai Komering saat ini meluas hingga delapan kecamatan dan berdampak kepada 6637 kepala keluarga (KK). Adapun ketingian air rata-rata mencapai 1,6 meter hingga 1,9 meter.

Menurutnya, dalam menangani dampak banjir ini, Pemkab OKU Timur telah berupaya melakukan evakuasi warga terdampak yang paling parah. Dimana dari kejadian ini terdapat enam rumah, yang sebagian rumahnya mengalami terbis karena lokasinya berada di bibir sungai.

Bukan hanya itu, satu jembatan ambruk yang lokasinya di Desa Pulau Negara dan Desa Talut di Jalan Provinsi, tepatnya di depan pom bensin Tanjung Aman. Dengan ambruk dan terbisnya jembaatan tersebut ditakutkan akan mengangu Jalan Provinsi.

Baca Juga :   Satlantas Polres Banyuasin Giat Strong Point

Terkait hal tersebut, Bupati HM Kholid Mawardi mengusulkan kepada gubernur untuk segera dilakukan perbaikan jembatan yang ambruk tersebut.

Dalam kesempatan itu, Bupati HM Kholid Mawardi mendahulukan memenuhi kebutuhan pangan warga yang terdampak banjir yang mana dengan upaya sendiri Pemkab OKU Timur telah melakukan gerakan aksi sosial.

Sementara itu Gubernur Sumsel, H Herman Deru mengapresiasi langkah yang telah diambil Bupati OKU Timur dan OKU Selatan. Gubernur juga menyampaikan akan membangun jembatan yang vital tersebut dengan dana yang dimiliki oleh Provinsi, yang pengkerjaanya akan di lakukan oleh Zeni Kodam Dua Sriwijaya.

Lanjut Gubernur, kemudian terkait bronjong atau talut akan segera dilakukan perbaikan dan berkordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Sumatera. Lalu untuk irigasi, gubernur memerintahkan agar BPBD OKU Timur berkordinasi dengan pihak Balai Besar Sungai Sumatra Delapan agar sebagin air Sungai Komering dialihkan ke saluran irigasi, sehingga bisa berdampak pada pengurangan volome air.

Gubernur juga meminta agar sentuh masyarakat dengan memenuhi kebutuhan pangan, dan siapkan tempat pengunsian namun tetap menjaga jarak sesuai dengan perotokol kesehatan.

Sementara itu di OKU Selatan, Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten OKU Selatan terus berupaya mewaspadai akan terjadinya banjir susulan. Bahkan, Minggu dini hari (9/5/2020), Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien Abuasir memantau langsung kondisi Sungai Saka Selabung bersama jajaran guna memastikan untuk segera diambil tindakan bila kondisi sungai kembali meluap.

Baca Juga :   Harnojoyo dan Finda Ambil Formulir ke Partai Gerindra

Sedangkan Ketua PMI OKU Selatan, Isyana Lonetasari memberikan bantuan terhadap masyarakat yang terdampak dari meluapnya Sungai Saka Selabung. Bantuan yang diberikan langsung terhadap masyarakat yang terdampak.
Dari pantauan di lapangan, akibat masih berlangsungnya curah hujan yang tinggi mengakibatkan longsor terjadi, Minggu dini hari (10/5/2020). Dampak dari longsor menutupi badan jalan dari arah Desa Gunung Raya Kecamatan Warkuk Ranau Selatan. Akibatnya, beberapa jam akses jalan tertutup total. Namun pada Minggu siang (10/5) jalan telah kembali normal.

Terpisah, Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel, Ansori membenarkan terjadinya banjir bandang di OKU Timur dan OKU Selatan tersebut. Bencana tersebut diakibatkan hujan yang turun dengan deras sehingga menyebabkan sungai yang berada di dua kabupaten tersebut meluap.

“Selain itu, di OKU Selatan juga terdapat bencana longsor,” tandasnya. (dan/ded)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Plt Bupati Muara Enim Sidak Dinas-dinas

Muara Enim, KoranSN Plt. Bupati Muara Enim, H. Juarsah, SH melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.