Olahraga Woddbal Belum Dikenal Masyarakat Palembang

H Harnojoyo saat melantik kepengurusan baru IWBA Sumsel, (Foto-Reigan/Koransn)

Palembang, KoranSN

Olahraga Woddbal merupakan olahraga baru dan belum begitu dikenal khususnya oleh masyarakat Palembang. Untuk itu pengurus Indonesia Woodball Association (IWBA) yang baru diharapkan bisa mengenalkan kepada masyarakat melalui program-program perlombaan.

Demikian dikatakan Pembina Pengurus Provinsi (Pengprov) Sumatera Selatan, H Harnojoyo sekaligus menjabat Walikota (Wako) Palembang, Rabu (17/5/2017) usai melantik 28 pengurus baru IWBA Sumsel di rumah dinas Walikota, Jalan Tasik kawasan Kambang Iwak Palembang.

“Ini merupakan olahraga yang baru, olahraga bola kayu yang murah meriah dan mudah dimainkan untuk seluruh masyarakat, karena tidak memerlukan lapangan khusus,” ungkapnya.

Ia melanjutkan, meskipun olahraga ini baru namun pada Pon ke-20 di Papua akan masuk sebagai cabang olahraga (Cabor) yang diperlombakan. Dari itu masih ada kesempatan untuk mempersiapkan semuanya agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga :   Camping Hijau Wujud Cinta Alam

“Pada perhelatan Asian Games mendatang olahraga ini juga akan diperkenalkan, jadi ini merupakan momentum yang baik sehingga bisa membentuk atlit yang berprestasi agar bisa merebut banyak medali. Selain itu, kita juga berharap setelah pelantikan ini para pengurus baru akan melakukan konsolidasi ke kabupaten/kota sehingga cabang Woodbal bisa terbentuk di 17 kabupaten/kota se- Sumsel, mudah-mudahan kedepan bisa berkembang dengan kepengurusan yang baru ini” harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum IWBA Sumsel, Tandiono Jacky menjelaskan, sejarah olahraga Woodbal berasal dari Negara Taiwan kemudian masuk ke Indonesia pada Tahun 2006.

“Awal mula terbentuknya permainan ini mencontoh seperti bermainan golf,  karena permainan golf hanya unutuk kalangan elit, jadi dimodifikasi agar bagaimana supaya semua masyarakat bisa memainkannya maka dibentuklah dari kayu baik alat maupun bolanya yang di design khusus,” jelasnya.

Baca Juga :   Rumah PDP Postif Corona di Palembang Disemprot Disinfektan

Lanjutnya, olahraga woodball sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat, terbukti banyaknya agenda kejuaraan baik kejuaraan nasional maupun kejuaraan daerah.

“Pertandingan dan kejuaran woodbal sudah mulai digemari di Indonesia, seperti bulan Juli mendatang ada Kejurnas di Kota Semarang dan Kejurda di Kota Bandung, pertandingan exsebisi woodball juga akan dilakukan di ajang Asian Games Tahun 2018 mendatang,” tuturnya. (rgn)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Nambah 56, Covid-19 di Sumsel Naik Jadi 2.475

Palembang, KoranSN Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumsel, Yusri, Kamis (9/7/2020) mengatakan, kasus Covid-19 …