Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Politik dan Pemerintahan / Optimal Kelola Anggaran, Pemprov Sumsel Sabet Anugerah Gatra 2019

Optimal Kelola Anggaran, Pemprov Sumsel Sabet Anugerah Gatra 2019

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof H.M Edwar Juliartha saat menerima penghargaan Gatra 2019.(foto-humas pemprov sumsel)

Jakarta, KoranSN

Dinilai berhasil dalam mengoptimalkan anggaran daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dianugerahi penghargaan Gatra 2019.

Penghargaan tersebut diterima oleh Herman Deru yang diwakili Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof H.M Edwar Juliartha saat menghadiri puncak peringatan ulang tahun Gatra ke-25 yang dilaksanakan di IPB Convention Center, Bogor Jawa Barat, Minggu (1/12/2019) malam.

Sumsel merupakan satu dari 25 daerah yang mendapatkan apresiasi Anugerah Gatra 2019 Kategori Optimalisasi Anggaran “Daerah yang Optimal Menggunakan Anggaran”.

GATRA juga memberikan 24 penghargaan lainnya kepada kementerian/lembaga negara, desa, individu dan organasisi serta perusahaan yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan dan perubahan positif untuk bangsa.

Ada lima kategori penghargaan yang akan diberikan GATRA kali ini. Lima kategori itu adalah terkait infrastruktur, pembangunan SDM, investasi, reformasi birokrasi, dan optimalisasi anggaran.

Baca Juga :   Herman Deru Yakin Sumsel Kembali Menjadi Lumbung Pangan Nasional

Asisten III Bidang Administrasi dan Umum Setda Sumsel Prof H.M Edwar Juliartha disela-sela menerima penghargaan tersebut mengungkapkan, Pemprov. Sumsel telah melakukan upaya optimalisasi anggaran yang dampaknya diharapkan dapat memenuhi tiga prinsip, yaitu ekonomis, efisien, dan efektif.

“Prinsip ekonomis berarti memperhatikan kepantasan penggunaan input, sedangkan prinsip efisien membandingkan input atas output, dan prinsip efektif, yaitu membandingkan outcome atas output-Nya,” tegas Edwar.

Sementara itu sebelumnya Direktur Utama Media Group, Hendri Firzani, dalam sambutannya menyebut media massa sebagai begian kelima pilar demokrasi, GATRA berkomitmen mengawal akselerasi pembangunan dan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah di tingkat pusat maupun daerah. Dalam lima tahun terakhir ini sudah banyak perubahan yang dirasakan oleh masyarakat terutama di bidang infrastruktur dan pelayanan publik.

Baca Juga :   Herman Deru Dukung Penuh Kongres HMI Tahun 2020 Digelar di Sumsel

“Dari mulai infrastruktur hingga reformasi birokrasi. Jadi layanan masyarakat makin mudah. Ini tidak hanya di pusat, tapi juga sampai ke daerah bahkan desa,” tegasnya.

Menurut Hendri, sejak didirikan 19 November 1994, GATRA terus menyesuaikan perkembangan zaman, termasuk dalam hal memanfaatkan teknologi. Untuk itu, GATRA Media Group kini hadir dengan berbagai macam produk yang dapat secara mudah diakses melalui satu aplikasi saja.

“Majalah Gatra, Gatra Review, Gatra.com, Gatra Radio, Gatra Tv. Kami juga ada produk Gatra Jateng, kami harap tidak sampai di Jateng tapi ke daerah lainnya,” ujar dia.

Menurut Hendri, peluncuran aplikasi GATRA ini tujuannya agar memberikan kemudahan akses informasi yang akurat dan terpercaya, terutama bagi kalangan milenial. (rel)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KUA dan PPAS APBD Sumsel Disetujui dengan Catatan

Palembang, KoranSN Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Provinsi Sumsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.