Home / Wisata / Pagaralam The Beauty of South Sumatera

Pagaralam The Beauty of South Sumatera

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Kawasan wisata kampung IV di kaki Gunung Dempo Pagaralam. (foto-ist)

KOTA Pagaralam terletak di kaki gunung Dempo dan disebut sebagai The Beauty of South Sumatera. Julukan ini sangat pas dan layak disandang Pagaralam. Di kota yang sejuk ini terdapat perkebunan teh yang dibangun di masa Belanda tahun 1926. Tiga tahun kemudian dibangun juga pabrik teh yang hingga kini masih memproduksi teh untuk komoditi export.

Pemandangan kebun teh nan hijau membentang bak permadani menyejukkan mata setiap yang melihatnya. Di bagian puncak kebun teh atau yang di kenal dengan Puncak Rimau di ketinggian 1.820 mdpl terdapat tempat selfie berupa tulisan PAGARALAM dangan ukuran sangat besar. Di tempat ini juga dapat melihat dan menikmati hamparan kebun teh dan Kota Pagaralam. Selain itu di lokasi ini juga pernah menjadi arena paralayang.

Selain pemandangan kebun teh di di kaki gunung Dempo juga terdapat beberapa villa yang dapat digunakan untuk menginap seperti Villa Lahat, Villa Besemah, Villa Gunung Gare, Villa Besh Dempo Flower, Villa MTQ, Dcabin dan Villa Mentari. Ketika musim liburan seperti pergantian tahun baru, lebaran, liburan sekolah dan liburan panjang lainnya semua villa tersebut penuh terisi dan susah mencari tempat menginap di Pagaralam.

Geliat seperti ini terlihat perkembangannya setelah Pagaralam ditetapkan menjadi salah satu Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN) oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Perkembangan penginapan juga diikuti dengan perkembangan restoran, lesehan atau rumah makan dan pusat oleh-oleh seperti restorant Chef Dadang, restoran 88, lesehan Tarjak, lesehan Neng Ngeulis, oleh-oleh Kirana dan DikDik juga UKM yang bergerak dibidang makanan ringan seperti Putra Abadi yang memproduksi berbagai macam snack yang berasal dari tanaman yang ada di Pagaralam.

Industri kopi olahan juga berkembang dengan pesat di Pagaralam dan memang selama ini Pagaralam terkenal dengan perkebunan kopi yang telah dibuka sejak masa penjajahan Belanda hingga kini. Bahkan sebagian besar masyarakat Pagaralam bertani kopi dan perekonomian bergantung dengan panen kopi. Kalau selama ini masyarakat hanya menjual biji kopi, kemudian biji kopi dibawa ke Lampung sehingga yang terkenal bukan kopi Pagaralam tetapi kopi Lampung. Sekarang juga banyak tumbuh produsen kopi olahan yang bermerek kopi Pagaralam.

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Gowes Lahat Targetkan Tekan Polusi Udara

Lahat, KoranSN Kegiatan gowes Lahat yang digagas oleh Komunitas Gowes Lahat dengan mengelilingi Kota Lahat ...

error: Content is protected !!