Kamis , Februari 21 2019
Home / Kota Musi / Palembang Dikepung Banjir, Warga Mengungsi ke Masjid

Palembang Dikepung Banjir, Warga Mengungsi ke Masjid

Tampak rumah warga saat terendam banjir. (foto-deni/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Hujan deras yang mengguyur Kota Palembang sejak, Senin kemarin (12/11/2018) hingga Selasa (13/11/2018) membuat sejumlah wilayah di Kota Pempek ini terendam banjir. Bahkan dampak dari banjir tersebut membuat sejumlah warga di Kelurahan Pahlawan Palembang yang rumahnya kebanjiran terpaksa mengungsi di masjid.

Ketua Forum RT Kelurahan Pahlawan Palembang, Riduan mengatakan, di sini memang kerap banjir apabila terjadi hujan.

“Luar biasa banjirnya, ini banjir terparah sejak tahun 2003 atau sekitar 15 tahun silam,” terangnya.

Menurutnya, akibat banjir yang terjadi ada sejumlah warga yang rumahnya kebanjiran mengungsi ke Masjid Daarul Jannah. Dari itulah pihaknya mengimbau kepada warga, apabila warga rumahnya tidak memungkinkan untuk ditempati karena kebanjiran bisa mengungsi ke masjid.

“Masjid Daarul Jannah sementara ini kita fungsikan untuk menampung warga di 5 RT yang semuanya terendam banjir seperti; RT 08, 10, 11, 12 dan RT 21,” ujarnya.

Diungkapkannya, dari sejumlah warga yang rumahnya kebanjiran, ada warga yang masih berada di rumah mereka untuk mengecek keadaan rumah serta menyelamatkan barang yang masih bisa diselamatkan.

“Jadi kita juga menganjurkan agar masyarakat untuk memantau kondisi rumahnya, apabila memungkinkan untuk kembali ditempati baru kita perbolehkan pulang,” katanya.

Baca Juga :   37 Pasangan Akan Ikuti Nikah Massal di Kambang Iwak

Sementara Ketua RT 10, Tatang yang rumahnya ikut terendam banjir mengatakan, dengan adanya banjir tersebut maka pihaknya mengumpulkan sumbangan kepada warga sekitar untuk dibelikan bahan makanan bagi warga yang mengungsi di masjid.

“Kita masih swadaya mengumpulkan dana untuk membeli bahan makanan, karena rumah warga terendam banjir jadi tidak bisa masak,” tuturnya.

Penelusuran Suara Nusantara, selain sejumlah rumah di kawasan Kelurahan Pahlawan Palembang yang kebanjiran. Sejumlah jalan protolkol di Palembang juga terendam. Adapun lokasi jalan yang terjadi banjir tersebut yakni; di Jalan Kolonel H Burlian, Kawasan KM 6, Simpang Polda Sumsel, Jalan Dwikora, di JalanDemang Lebar Daun, Kawasan Poligon, Kenten, Jalan Basuki Rahmat.

Kemudian di Jalan Angkatan 45, Jendral Sudirman, Sekip, Rajawali, Jalan Bangau, Jalan M Isa, Seputaran Sekojo, Jalan Pipareja, Kebun Bunga, Jalan Noerdin Pandji, Jalan Simanjuntak dan Rawa Jaya Kelurahan Pahlawan Palembang.

Untuk di Jalan Simanjuntak dan Rawa Jaya, semua ruas jalan di wilayah tersebut terendam banjir. Bahkan air setinggi sekitar lutut orang dewasa mengakibatkan akses jalan tidak dapat dilalui. Bukan hanya itu, kolam retensi di Jalan Demang Lebar Daun yang biasa mampu menampung debit air, tampak airnya meluap.

Baca Juga :   KPPT Bakal Ambil Alih Seluruh Perizinan

Mendapatkan informasi banjir yang terjadi, Walikota Palembang H Harnojoyo langsung meninjau kawasan yang terkena dampak banjir seperti di sepanjang Jalan Kolonel H Burlian.

Menurut Walikota, genangan air yang terjadi hari ini karena beberapa saluran air mengalami penyumbatan ditambah dengan pasangnya Sungai Musi.

“Seperti di sini, ada beberapa saluran air yang tersumbat akibat material sisa pembangunan LRT dan sampah yang menumpuk, lalu saluran air juga mengalami penyempitan, karena bangunan LRT sehingga air susah untuk mengalir. Namun segera kita atasi, Tim PU sudah turun ke lapangan, kita sedot pakai pompa, dan segera kita bersihkan saluran air yang macet, secepatnya air akan surut,” terang Harnojoyo.
Dijelaskannya, Pemkot Palembang terus mengupayakan mengatasi genangan yang kerap terjadi, salah satunya Pompanisasi Sungai Bendung.

“Insya Allah, akhir tahun ini akan selesai pembangunanya, Pompanisasi Sungai Bendung ini mempunyai 6 pompa besar dengan kekuatan 1 pompa 6.000 liter perdetik, kalau 6 pompa dihidupkan semua, berarati dalam satu detik bisa menyedot 36.000 liter air,” ungkapnya. (den)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gemakan Pariwisata, SMSI Sumsel Jalin Kerja Sama dengan GIPI

Palembang, KoranSN Sepak terjang Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Sumsel di bawah komando Jon Heri ...