Palembang Minim Dokter Spesialis Anestesi

Walikota Palembang Harnojoyo.
Walikota Palembang Harnojoyo.

Palembang, KoranSN

Dokter Kepala Departemen Anestesi Rumah Sakit Umum Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, Zulkifli, mengungkapkan hingga kini jumlah dokter spesialis anestesi yang ada di Kota Palembang masih minim. Hal ini di karenakan minat dalam bidang tersebut masih kurang.

“Terdata untuk Palembang sendiri, dokter spesialis anestesi masih minim, hanya ada sekitar 17 dokter untuk seluruh rumah sakit di Palembang,” ungkapnya, usai audiensi ke Walikota Palembang di Rumah Dinas Walikota Palembang, Selasa (12/4/2016).

Secara keseluruhan, lanjutnya, total untuk dokter spesialis tersebut di Indonesia sendiri masih jauh dari ideal.

“Total keseluruhan untuk Indonesia sekitar 1350 dokter, sedangkan jika melihat dari bidang spesialis seharusnya Indonesia memiliki 3000 dokter di bidang ini,” ujarnya.

Baca Juga :   Perintahkan Dinkes Bagi Vitamin ke Warga

Dalam aundiensi tersebut, terang Zulkifli, Persatuan Dokter Anestesi Seluruh Indonesia akan menggelar Kongres Nasional Dokter Anastesi di Kota Palembang. Dengan tujuan membangkitkan minat generasi muda terhadap bidang anestesi, serta berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dapat mendukung acara tersebut.

“Acara akan digelar dari tanggal 2 hingga 6 Agustus mendatang, yang akan dihadiri kurang lebih 1000 dokter anestesi dari seluruh Indonesia,” terangnya.

Dalam kongres yang digelar tiga tahun sekali tersebut, tambahnya, akan diisi dengan 90 persen pembicara dari Indonesia sedangkan selebihnya dari beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai.

Baca Juga :   Seniman di Era Pandemi

Sementara itu, Walikota Palembang Harnojoyo, mengatakan, Pemkot mendukung acara tersebut. Ia berharap kedepan di Palembang harus ada sekolah spesialis anestesi.

“Kita sama-sama berharap kongres nanti dapat memberikan serta menghasilkan hal-hal yang baik untuk kita semua,” singkatnya. (tya)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

SMA Pusri Juara 1 LKTI 2020

Palembang, KoranSN Dengan judul karya ilmiah “Studi Pemanfaatan Microgreens sebagai alternatif urban farming dalam menghambat …

Tidak Ada Komentar

  1. Avatar

    Bukan dokter Anestesi yg ga mau kerja di Palembang, tp dihambat oleh Perdatin palembang (persatuan dokter Anestesi Indonesia di Palembang). Mereka yg di organisasi tersebut lebih memilih penduduk Palembang dibius oleh perawat daripada mrk kehilangan uang penghasilan. Mental takut bersaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.