Home / Headline / Palembang Ulu Ditarget Terbentuk Tahun 2020

Palembang Ulu Ditarget Terbentuk Tahun 2020

Ketua P3KPU Suparman Romans saat diwawancarai wartawan. (Foto-Anton/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Pemekaran Palembang Ulu menjadi daerah otonomi baru (DOB) tak sekedar wacana. Bahkan Presidium Persiapan Pembentukan Kabupaten Palembang Ulu (P3KPU) yang diketuai Suparman Romans menargetkan Palembang Ulu sudah terbentuk pada tahun 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan Suparman usai menggelar sarasehan sekaligus persiapan deklarasi P3KPU di aula gedung DPD RI, Jakabaring, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, persyaratan Palembang Ulu untuk menjadi DOB sudah sangat lengkap, baik syarat administrasi, maupun ditinjau dari sisi demografi, sumber daya manusia, sumber daya pendapatan maupun jumlah penduduk, termasuk Palembang Ulu saat ini sudah memiliki lima kecamatan, yakni Kecamatan SU 1, SU 2, Kertapati, Jakabaring, dan Kecamatan Plaju.

Baca Juga :   Prada 'DP' Diduga Pelaku Pembunuh dan Mutilasi Fera Oktaria Masih Dikejar

“Target kita tahun 2020 mendatang sudah terbentuk, oleh karena itu kita kejar waktunya, tim kita yang telah melakukan kajian untuk menyusun naskah akademik, sekarang sedang gerilya menghimpun dan merekrut tokoh-tokoh nasional yang kompeten di dalam pemekaran wilayah,” ungkap Suparman.

Ia mengatakan, dengan dilakukannya pemekaran Palembang Ulu dari Kota Palembang diyakini permasalahan perkotaan, seperti masalah ketenaga kerjaan maupun kemiskinan yang masih dirasakan sebagian masyarakat Palembang Ulu akan dapat diatasi.

“Harapannya hanya satu, masyarakat satu suara dengan gerakan ini. Gerakan ini bukan berdasarkan kepentingan politik tapi ini gerakan moral melalui langkah-langkah konstitusional yaitu dengan membentuk Kabupaten Palembamg Ulu,” pungkas Suparman.

Baca Juga :   Dua Begal Motor di Kalidoni Tertangkap, Warga Bakar Motor Pelaku

Sementara itu, tokoh masyarakat Palembang Ulu, H Toyib Akib yang akrab disapa Abah Toyib mendukung sepenuhnya rencana Palembang Ulu menjadi DOB.

“Rencana pemekaran ini sudah kita suarakan di tahun 2006, namun saat itu, kecamatannya masih kurang hanya ada 4 kecamatan, sekarang kan sudah cukup dengan ditetapkannya Kecamatan Jakabaring, mudah-mudahan rencana ini dapat terlaksana dengan baik, dan tahun 2020 mendatang, Palembang Ulu dapat terbentuk,” harap Abah Toyib. (awj)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Karhutla di Sumsel Terus Meluas

Palembang, KoranSN Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di wilayah Sumsel saat ini terus meluas, bahkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.