Home / Kota Musi / Pangdam Hadiri Rakor Pengendalian Karhutla di Sumsel

Pangdam Hadiri Rakor Pengendalian Karhutla di Sumsel

Suasana saat melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019 dihadiri oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, SIP M Hum bersama Kapolda Sumsel, di Graha Bina Praja Selasa (12/3/2019). (foto-humas kodam)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Sumsel, Pemprov bersama BNPB, TNI/Polri, BMKG, pemerintah daerah Kabupaten/Kota di Sumsel serta intansi terkait lainnya melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2019.

Rakor yang digelar, Selasa (12/3/2019) ini dipusatkan di Graha Bina Praja (Auditorium) Pemprov Sumsel dan dihadiri oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, SIP M Hum bersama Kapolda Sumsel, Wakil Gubernur Sumsel, Kepala BNPB Sumsel, Danlanud, Danlanal Palembang Kajati Sumsel dan Unsur Ferkopimda Sumsel.

Baca Juga :   3.896 Peserta Dinyatakan Lulus USMB UNSRI, 1.109 Pilih PTS

Tampak juga, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Manardo, Kepala BRG Pusat, Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim, Deputi Klimateknologi BMKG.

Menurut Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo, kebakaran hutan dan lahan selama ini terjadi karena sebagian besar akibatnya adalah ulah manusia.

“Apakah tiap tahun begini terus dan kita semua tahu penyebab Karhutla adalah manusia. Saya datang ke berbagai daerah seluruhnya 99 persen perbuatan manusia. Dan memang terbukti itu sebagian besar,” ucapnya.

Untuk itu, BNPB RI telah membawa para pakar untuk mengatasi Karhutla di Sumsel dengan membentuk sebuah tim. Tim ini akan bekerjasama dengan Pemerintah dan TNI/Polri serta membentuk sebuah unsur yang terdiri dari; komponen masyarakat termasuk para pakar, akademisi, komunitas, budayawan serta para media, sehingga tim ini nantinya akan berada di tengah masyarakat.

Baca Juga :   Belum Diberi Label Halal, MUI Sumsel Minta Vaksinasi Rubella Ditunda

“Kita berharap tim ini akan memberikan penyuluhan. Oleh karena itu, tim gabungan ini yang akan membuatkan sebuah konsep. Dimana kita menyusun sebuah program agar pemberdayaan masyarakat menjadi prioritas. Kita sudah tau tadi begitu juga dari sebuah data dan dokumen penyebab kebakaran adalah manusia,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BNPB RI, Letjen TNI Doni Monardo menyerahkan bantuan kepada Wagub Sumsel Mawardi Yahya diantaranya; Mobil Komando, Pompa Jinjing, Pompa Jinjing Pakai POM, Masker Oksigen dan Masker Tahan Api. (ded)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dirjen PUPR Resmikan Rusunawa Unsri

Palembang, KoranSN Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) Prof Dr Ir Anis Saggaff MSCE Dampingi Direktur Jenderal ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.