Home / Kota Musi / Pangdam II/SWJ Pantau Titik Api di OKI

Pangdam II/SWJ Pantau Titik Api di OKI

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Pangdam II/Swj, Mayjen TNI AM. Putranto S. Sos dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat memadamkan Karhutlah. (Foto-Humas Kodam)

Palembang, KoranSN

Menjelang Asian Games XVIII yang akan digelar pada tanggal 18 Agustus 2018 di Kota Palembang, upaya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) terus dilakukan untuk mendukung Provinsi Sumsel bebas dari asap.

Salah satunya dengan patroli bersama Kodam II Sriwijaya, Polda Sumsel, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel.

Dengan menggunakan Helly Air Bass PK-RTM milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sumsel, Jumat (20/72018) rombongan Pangdam II/Swj, Mayjen TNI AM. Putranto S. Sos dan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kepala BPBD Sumsel Iriansyah, melakukan patroli udara Ground Check Hotspot, terutama di wilayah Kayu Labu dan Cinta Jaya, Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang dilaporkan adanya sejumlah titik api di wilayah tersebut.

Dari hasil pantauan udara yang dilakukan Pangdam II/Swj dan rombongan, tampak beberapa titik api dimana sebagian besar lahan yang terbakar merupakan lahan gambut, yang berlokasi di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OKI).

Pangdam II/Swj, Mayjen TNI AM. Putranto S. Sos didampingi Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dan Kepala BPBD Sumsel Iriansyah saat akan melakukan patroli udara Ground Check Hotspot.

Tidak hanya itu, Pangdam II/Swj dan rombongan turun langsung ke lokasi lahan yang terbakar dan melakukan upaya pemadaman api di Desa Pandamangan Kecamatan Pedamaran, OKI, sekaligus untuk memastikan upaya Satgas Karhutla dibawah Dansatgas Karhutla Provinsi Sumsel (Danrem 044/Gapo) Kolonel Inf Imam Budiman beserta Regu Pemadam Kebakaran (RPK) perusahaan bersama dengan Masyarakat Peduli Api (MPA). Api berhasil dipadamkan dan selanjutnya dilakukan proses pembasahan lahan menggunakan helly (Water Bombing).

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) gabungan TNI, Polri dan BPBD yang telah dibentuk bersama Pemerintah Provinsi Sumsel semakin gencar menangani kebakaran hutan dan lahan menjelang Asian Games.

Pangdam II/Swj telah memerintahkan kepada seluruh jajarannya agar lebih gencar melakukan upaya-upaya pencegahan melalui patroli terpadu, menyebarkan maklumat larangan membakar lahan dan memberikan penyuluhan dan himbauan kepada masyarakat secara persuasif agar tidak membuka lahan maupun kebun dengan cara membakar.

Kegiatan Patroli bersama ini merupakan sinergitas kegiatan yang harus terus dilakukan guna mewujudkan stabilitas keamanan Nasional, dalam rangka mensukseskan Asian Games XVIII 2018 khususnya di wilayah Sumbagsel. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Jelang Asian Games 2018, Jembatan Musi IV Palembang Tak Kunjung Selesai

Palembang, Koransn- Para pekerja sedang berjibaku mengerjakan penyambungan jembatan Musi IV dikawasan kuto Palembang. Perhelatan ...

error: Content is protected !!