Pangdam Intruksikan Jajaran Dansat Tentang Kesiapan Pengamanan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irwan SIP MHum saat memimpin rapat koordinasi membahas kesiapan pengamanan sebelum, dan sesudah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun 2020 melalui Video Confrence. (Foto-Humas Kodam)

Palembang, KoranSN

Kodam II/Sriwijaya menggelar rapat koordinasi membahas kesiapan pengamanan sebelum, dan sesudah perayaan Hari Raya Idul Fitri 1441 H tahun 2020.

Kegiatan rapat koordinasi yang dipimpin langsung Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irwan SIP MHum melalui Video Confrence ini, berlangsung di Gedung Sudirman Makodam II/Swj Palembang, Rabu (20/5/2020).

Mengawali rapat tersebut Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Irwan membahas kesiapan kegiatan pengamanan yang akan dilaksanakan jajarannya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H agar Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang dan Kota Prabumulih yang saat ini sudah masuk ke dalam zona merah dan akan mulai melaksanakan PSBB dapat berjalan tertib dan lancar.

“Apalagi saat ini di Sumatera Selatan perkembangan Covid-19 semakin meningkat, sehingga kita harus dapat memberikan pengertian dan himbauan kepada masyarakat untuk memahami keadaaan yang sedang terjadi saat ini untuk tetap menjaga kesehatan, dan tetap mengikuti himbauan pemerintah terutama tidak melaksanakan mudik, menggunakan masker apabila keluar rumah dan physical distancing harus tetap dijalankan,” ujarnya dalam rilis resmi Pendam II/Sriwijaya kepada Suara Nusantara.

Baca Juga :   Butuh Waktu Sebulan Terapkan Permenhub Taksi Online

Pangdam juga mengatakan, dalam pelaksanaan masyarakat menunaikan Ibadah Sholat Hari Raya Idul Fitri nanti, sebaiknya dilaksanakan di rumah masing-masing tidak di masjid ataupun di lapangan, serta tidak melaksanakan mudik lebaran.

“Bersama Polri dan Pemda di wilayah masing-masing, agar seluruh masyarakat, baik Toga, Tomas dan Toda diajak dan dihimbau untuk dapat memahami, mematuhi dan mengikuti aturan serta himbauan pemerintah agar melaksanakan Sholat Id di rumah saja dalam rangka memutus penularan Covid-19,” ujar Pangdam.

“Besar harapan bagi kita semua semoga Hari Raya Idul Fitri 1441 H dapat berjalan dengan baik dan lancar, walaupun kita pada saat ini sedang mengalami kondisi yang sangat memprihatinkan Pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan pastinya akan berakhir,” tambah Pangdam.

Meski pun demikian, pihaknya tetap optimis dan yakin bahwa Pandemi Covid-19 ini akan segera berakhir. Dari itu ia mengajak secara bersama-sama untuk kompak membangun solidaritas yang baik untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini.

“Selain itu, tetap menjaga kesehatan, berpikir positif, rajin berolahraga untuk menjaga stamina tubuh agar tetap fit dan tidak lupa untuk menggunakan masker apabila berpergian keluar rumah serta Physical Distancing tetap dijaga,” tegasnya.

Penekanan lain dari Pangdam adalah tentang kesiapan Posko Pengaman yang sudah dibangun di daerah dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi, dan koordinasi untuk antisipasi perkembangan situasi Covid-19.

Baca Juga :   Kapolda Akui Copet dan Begal di Jakabaring Ganggu Asian Games

“Untuk itu, dalam melaksanakan tugas pengamanan nanti, para personel yang berada di Pos Pengamanan harus santun dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat,” jelas Pangdam.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya
akan membantu gugus tugas daerah untuk melaksanakan uji sample secara masif, pelacakan yang agresif, isolasi ketat serta menekan angka penyebaran Covid-19 di wilayah masing-masing.

Selain itu sambung Pangdam, laksanakan koordinasi dengan Polri, Pemda dan aparat terkait lainnya dalam membantu verifikasi data masyarakat penerima bantuan sosial dari pemerintah, serta bantu pelaksanaan pendistribusian sampai ke depan pintu rumah.

“Selamat bertugas, jaga moril anggota, selamat berpuasa, Selamat Hari Raya Idul Fitri. Ayo kita bekerja lebih baik lagi dan berdoa semoga kita terhindar dari penyakit Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu, Kakesdam II/Swj Kolonel Ckm dr Asep Usmanto Sukarsa SE SIP menekankan kepada seluruh anggota harus disiplin dalam memakai masker dan jaga jarak. Pada saat pulang dari kantor, baju ganti dulu sebelum masuk rumah, setelah itu mandi yang bersih baru berkumpul dengan keluarga dan jangan lupa melaksanakan olahraga. (ded)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Pasien Corona Meninggal di Sumsel Bertambah 3, Sambuh 8 Orang

Palembang, KoranSN Jumlah pasien positif Covid-19 meninggal dunia dan pasien sembuh di Sumsel, Sabtu (11/7/2020) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.