Home / Wisata / Pantai Menganti, Surga Tersembunyi dari Kebumen

Pantai Menganti, Surga Tersembunyi dari Kebumen

Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Palembang Periode 2018-2023
img_3486
Penulis saat menikmati keindahan Pantai Menganti, beberapa waktu lalu.

    Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen menjadi satu diantara tujuan wisata warga Kebumen Jawa Tengah. Pantai Menganti dengan keindahan pantai yang begitu menakjubkan adalah surga yang tersembunyi dari Kabupaten Kebumen yang patut dikunjungi para wisatawan.

Meskipun  nama pantai ini tak se-hits pantai-pantai di Indonesia yang lain. Namun, pantai ini memiliki keindahan yang tidak kalah dengan pantai-pantai di kota wisata di Indonesia lainnya bahkan dari pantai-pantai yang ada di luar negeri. Sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai garis pantai yang tidak cuma panjang serta luas saja tetapi juga begitu indah serta menawan.  Satu diantara pantai yang mempunyai daya pikat wisatawan yaitu pantai menganti yang belum begitu dikenal masyarakat Indonesia. Bukan hanya Bali saja yang memiliki pantai begitu menawan namun Kebumen juga memiliki pantai eksotik yang patut dikunjungi para traveler maupun wisatawan domestik maupun manca negara. Sebagai salah satu surga yang tersembunyi Pantai Menganti perlu dipromosikan agar lebih  terkenal dan lebih meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

Untuk dapat sampai ke lokasi tersebut disarankan bagi wisatawan untuk menggunakan sepeda motor saja, jangan menggunakan mobil ataupun bus. Ada 2 rute yang bisa dilalui, pertama jika dari Gombong bisa mengambil arah ke Puring, belok kanan menuju Pantai Suwuk dan dilanjutkan menuju pantai Menganti dengan melewati jalan yang cukup menantang karena penuh dengan tingkungan tajam dan tanjakan yang curam. Jika para penelusur memilih rute ini jaraknya hanya 38 kilometer saja. Rute kedua dibutuhkan sekitar 45km dengan waktu tempuh selama 1.5 jam. Dari Gombong, para penelusur bisa menuju arah barat ke pantai loegending lalu pilih jalur naik ke arah pantai mengantai kebumen.

Namun dengan perjalanan selama dan sesulit bakal terbayar lunas jika sudah sampai di Pantai Menganti Kebumen ini. Dengan hamparan pasir putih yang dipadukan dengan birunya air laut serta di kelilingi oleh buki-bukit hijau dan tebing alam yang menjulang tinggi bakal membuat pengunjung takjub dan betah untuk bermain-main di Pantai Menganti.

Situasi yang khas yaitu perahu-perahu nelayan yang berjajar, pantai dengan pasir putih dengan adanya banyak batu karang besar yang bisa dipakai untuk duduk sembari melepas pandangan ke arah samudera adalah satu kenikmatan untuk pengunjung. Satu objek yang butuh dikunjungi waktu hingga di pantai Menganti yaitu menara mercusuar serta Tanjung Karangbata. Letaknya di timur–tenggara Pantai Menganti.

Di Tanjung Karangbata yang rindang ini bakal lihat luasnya Samudera Hindia serta satu pulau karang. Di sini juga disiapkan gubuk-gubuk untuk berteduh dari sinar matahari. Dari Tanjung Karangbata juga tampak pantai yang lain seperti Pantai Karangbata serta pantai Peacron di samping timur. Jika pengunjung ingin pemandangan yang lebih keren, eksotis, dan menakjubkan, para pengunjung bisa naik ke bukit yang berada di sisi timur pantai. Di puncak bukit ini juga terdapat mercusuar setinggi 20 meter yang didirikan para Belanda di tahun 1912-1915.

Untuk dapat masuk ke Pantai Menganti, pengunjung tidak perlu membayar mahal cukup dengan merogoh kocek Rp 10.000 maka pengunjung dapat menikmati keindahan dari pantai pesisir selatan Jawa ini.(siti soimah)

Publisher : Ferdin Ferdin

Ferdin Ferdin
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pusat Latihan Gajah Bukit Jempol di Lahat Jadi Daya Tarik Wisatawan

Lahat, KoranSN Kabupaten Lahat memiliki banyak potensi wisata, salah satu tempat wisata yang menjadi daya ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!