Parpol Tak Milik Sipol Terancam Tak Bisa Jadi Peserta Pileg 2019

Suasana Pembukaan Bintek Pendaftaran dan Verifikasi Parpol Peserta Pileg 2019 Digelar KPUD Kota Lubuklinggau. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Seiring semakin perkembangan teknologi di era transparansi informasi sekarang ini, KPU Pusat terus melakukan terobosoan terbaru. Salah satunya pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019 mendatang, setiap Parpol harus memiliki Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Keberadaan Sipol ini merupakan salah satu persyaratan bagi Parpol peserta Pileg 2019 mendatang,“ ujar Ketua KPUD Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri saat pembukaan Bintek pendaftaran dan verifikasi Parpol peserta Pemilu tahun 2019 tingkat Kota Lubuklinggau, di salah satu hotel di Kota Lubuklinggau, Senin (2/10/2017).

Didampingi komisioner KPU lainnnya, Efriadi menjelaskan, keberadaan adanya Sipol ini yang membedakan pelaksanaan Pileg 2014 dan 2019, dimana pada Pileg sebelumnnya Sipol tersebut belum diterapkan.

“Adanya Sipol ini yang membedakan Pileg 2014 dan Pileg 2019,” ujarnya sembari menegaskan, bagi Parpol tidak memiliki Sipol bisa terancam tidak bisa menjadi peserta Pileg 2019 mendatang.

Baca Juga :   KPH Rawas Bentuk 105 MPA Muratara

Namun sambungnya, bagi pengurus Parpol tidak perlu khawatir, pihak KPU Kota Lubuklinggau akan selalu siap memberikan pelayanan memberikan informasi terkait keberadaan Sipol tersebut.

“KPU akan selalu siap memberikan pelayanan terkait adanya Sipol tersebut, silahkan datang kekantor untuk berkonsultasi, asal yang dikonsultasikan itu ada kaitan dengan Pemilu, jika di luar konteks sebaiknya ngobrol di luar kantor saja,“ ungkapnya.

Hal lainnya yang perlu menjadi perhatian Parpol peserta Pileg 2019 tersebut yakni; terkait masalah kepengurusan, sebagaimana telah diamanatkan UU keterwakilan kaum perempuan minimal 30 persen dan juga keberadaan sekretariat harus jelas.

Baca Juga :   Gubernur Herman Deru Gelontorkan Rp 20 Miliar untuk Perbaikan Infrastruktur di Muratara

Masih terkait masalah Sipol tersebut, KPU memfasilitasi Parpol agar memiliki daftar anggota dari tingkat nasional hingga daerah.

Sementara itu, Sekretaris KPUD Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriansyah mengatakan, Bintek kali ini diikuti seluruh pengurus Parpol peserta Pemilu di Kota Lubuklinggau dan dihadiri jajaran Panwaslu setempat.

“Bintek sehari ini dengan pemberi materi tunggal yakni; dari komisi teknis KPUD Kota Lubuklinggau,” tandasnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Lahat Cik Ujang Bahas New Normal dan Sholat Idul Adha

Lahat, KoranSN Bupati Lahat Cik Ujang SH, Senin (6/7/2020), melakukan rapat terkait koordinasi pelaksanaan Sholat …