Selasa , Oktober 23 2018
Home / Politik dan Pemerintahan / Partisipasi Pemilih di Pilgub Sumsel Meningkat

Partisipasi Pemilih di Pilgub Sumsel Meningkat

Suasana rapat pleno rekapitulasi suara Pilgub Sumsel di Kantor KPU Sumsel. (foto-ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel memastikan tingkat partisipasi pemilih di pemilihan gubernur (Pilgub) Sumsel tahun 2018 meningkat dari Pilgub tahun 2013 lalu.

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi mengatakan, tingkat partisipasi pemilih di Pilgub tahun ini, dikisaran 69 persen. Jumlah ini meningkat dibanding Pilgub periode sebelumnya sebesar 66 persen.

“Salahsatu faktor yang membuat partisipasi pemilih ini mengalami peningkatan, karena data pemilih yang semakin membaik,” kata Naafi ditemui di gedung KPU Sumsel, Minggu (8/7/2018).

Baca Juga :   22 Agustus, Kuliah Gratis Dilaunching

Sementara untuk target partisipasi pemilih secara nasional sebesar 77,6 persen, Naafi mengakui, tidak tercapai. Namun demikian, di sejumlah daerah, partisipasi pemilih ada yang melebihi target nasional, seperti di Pagaralam yang mencapai 84 persen dan di Kabupaten OKU Timur sebesar 80 persen.

“Partisipasi pemilih tertinggi memang dipegang Kota Pagaralam, sementara yang terendah di Kabupaten Muratara yang hanya sebesar 60 persenan,” ujarnya.

Naafi memprediksi, tidak tercapainya partisipasi pemilih tersebut dipengaruhi sejumlah faktor, diantaranya, kondisi wilayah dan masih ada masyarakat yang belum memiliki e-KTP ataupun surat keterangan (Suket) dan mereka tidak antusias untuk mengurusnya.

Baca Juga :   Kurniawan Jabat Plt Sekda Palembang, Ucok Lengser ke Pemprov

“Kami harap, kedepan masyarakat lebih sadar untuk mengurus kepemilikan e-KTP ini, apalagi untuk pemilu 2019, untuk mencoblos wajib memiliki e-KTP, karena Suket tidak dapat lagi digunakan,” pungkasnya. (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HD: Butuh Kerja Keras Menangkan Jokowi di Sumsel

Palembang, KoranSN Sebanyak 25 lawyer mendeklarasikan diri sebagai Tim Pembela Jokowi Sumsel, bertempat di Ballroom ...

error: Content is protected !!