Pasar Tani Pemkab Muba Bisa Tekan Angka Kemiskinan dan Stunting

Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza Alex meninjau sejumlah pedagang usai melaunching Pasar Tani Kelompok Wanita Tani (KWT). (Foto/Ist)

Sekayu, KoranSN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Ketahanan Pangan, melaunching Pasar Tani Kelompok Wanita Tani (KWT) di Halaman Kantor Dinas Ketahanan Pangan Muba, Rabu (2/12/2020).

Kegiatan ini dilaunching secara langsung oleh Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza dengan Pengguntingan Pita di Gedung Mitra Tani Dinas Ketahanan Pangan Muba.

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan Muba Ali Badri, pelaksanaan Pasar Tani KWT dapat memberikan keuntungan kepada petani lokal guna memasarkan hasil produksinya. Selain memberikan keuntungan bagi KWT dan petani pelaksanaan pasar tani itu juga menguntungkan para konsumen atau pembeli karena dapat membeli hasil pertanian dalam kondisi segar. KWT juga dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dan sebaliknya masyarakat bisa mendapatkan hasil pertanian yang masih fresh dan produk yang dipasarkan harus bebas pestisida setidaknya dua minggu sebelum panen.

Baca Juga :   Pemkab Muratara Launching E-Warong

“Pelaksanaan pasar Tani KWT di Gedung Pasar Mitra Tani ini akan kami laksanakan secara terus-menerus setiap minggunya, produksi yang dipasarkan KWT selain produk pertanian juga produk pangan olahan,” kata Ali Badri.

Dikatakannya, kegiatan ini juga dalam rangka mendukung program Pemkab Muba mengurangi angka kemiskinan dan Intervensi Stunting, dengan pemanfaatan pekarangan untuk pengembangan pangan lestari atau Pemanfaatan Pekarangan Lestari. Kegiatan ini memanfaatkan lahan tidur dan lahan kosong yang tidak produktif dalam memenuhi pangan dan gizi rumah tangga serta meningkatkan pendapatan keluarga.  HALAMAN SELANJUTNYA  >>

Baca Juga :   Empat Lawang Gandeng Investor Bukares Rumania
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Posko Covid-19 Kabupaten PALI Dibubarkan

PALI, KoranSN Setelah kembali berdiri sejak beberapa pekan lalu, akhirnya seluruh posko Percepatan Penanganan Covid-19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.