Home / Nasional / PBNU: Jokowi-Ma’ruf Amin Pasangan Ideal

PBNU: Jokowi-Ma’ruf Amin Pasangan Ideal

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Capres Joko Widodo memilih cawapres KH Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019. Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj menilai pasangan itu ideal dan tidak diragukan.

“Ini merupakan pasangan ideal, menunjukkan pasangan nasionalis-religius dan tidak diragukan lagi,” ucap Said Aqil saat jumpa pers di kantor PBNU, Jalan Kramat, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).
Said menyebutkan Ma’ruf Amin merupakan kader NU sejak muda dan murid pendiri PBNU KH Hasyim Asy’ari.

“KH Ma’ruf Amin cucu dan keturunan ulama besar. Beliau murid KH Hasyim Asy’ari dan KH Idris dan beliau kader NU sejak muda,” ucap Said.

Said mengatakan Rais Aam PBNU itu mendapatkan amanat dari Allah. “Dengan ridho dan qadha Allah, mempercayakan KH Ma’ruf Amin Rais Aam PBNU mendapatkan amanat dari Allah cawapres Pak Jokowi,” jelas dia.

Sementara itu, KH Ma’ruf Amin lahir di Tangerang pada 11 Maret 1943. Sebelum jadi Ketum MUI, Ma’ruf punya pengalaman panjang di bidang legislatif hingga jadi anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Beliau duduk di legislatif, mulai sebagai anggota DPRD, DPR RI, MPR RI,” tutur Jokowi saat pengumuman di Restoran Plataran Menteng, Jl HOS Cokroaminoto No 42, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018).

Ma’ruf pernah duduk di DPRD DKI dalam Fraksi Golongan Islam dan Fraksi PPP. Sebagai politikus Kebon Sirih, Ma’ruf pernah menjabat sebagai pimpinan di Komisi A.

Setelah reformasi, Ma’ruf bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjabat Ketua Dewan Syuro yang pertama. Dia lalu jadi anggota MPR RI lewat PKB. Di DPR, Ma’ruf pernah menjabat sebagai Ketua Komisi VI.

Ma’ruf adalah tokoh Nahdlatul Ulama. Jabatannya saat ini adalah Rais Aam PBNU atau jika diartikan secara harfiah dalam bahasa Indonesia berarti juga ketua umum.

KH Ma’ruf Amin besar di kalangan pondok pesantren. Dia mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Tebuireng.

Hingga saat ini dirinya pun dekat dengan pondok pesantren. Ma’ruf merupakan pendiri Pondok Pesantren An-Nawawi di Serang, Banten.

Pada 2007, Ma’ruf dipilih menjadi anggota Wantimpres dan terpilih lagi di periode kedua Presiden SBY. Dia didapuk menjadi Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) sejak 2015.

Jokowi menunjuknya sebagai anggota Dewan Pengarah UKP Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP) pada 2017. UKP PIP kini menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila, yang setingkat kementerian. (detikcom)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

28 Calon Pimpinan LPSK Lolos ke Tahap Berikutnya

Jakarta, KoranSN Sebanyak 28 calon pimpinan (Capim) Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) dinyatakan lolos ...

error: Content is protected !!