Home / Gema Sriwijaya / Pedagang Pilih Berjualan di Luar Gedung

Pedagang Pilih Berjualan di Luar Gedung

Wacana Pemkot Prabumulih Pasar Tradisional Gunung Ibul akan di jadikan Pasar Induk bongkar muat barang. (foto-andifatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Untuk lebih memaksimalkan fungsi gedung yang dinilai mubazir dan terkesan terbengkalai selama ini, dianjurkan gedung Pasar Tradisional Gunung Ibul difungsikan dan di jadikan pasar induk. Hal tersebut diungkapkan Kepala UPTD Pasar kota Prabumulih Taufik Hidayah SE, kemaren.

“Selama ini para pedagang sering memanfaatkan bahu badan jalan di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman sebagai tempat bongkar muat barang yang datang dari berbagai penjuru untuk berjualan di Kota Prabumulih,”ujarnya.

Akibatnya menurut Taufik aktifitas tersebut sangat mengganggu bagi pengguna jalan. Jika ada pasar induk maka tidak akan mengganggu pengguna jalan, karena saat terjadi transaksi dan aktifitas bongkar muat barang di jalan selain mengganggu pengguna jalan juga menyisakan tumpukan sampah yang beserakan.

Hal senada dikatakan Ketua RW 2 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur, Zainal. bahwa gedung Pasar Tradisional Gunung Ibul sebaiknya difungsikan.

Lapangan depan Pasar Tradisional Gunung ibul di Jadikan tempat traksi pedagang selama ini.

“Lihat bae banyak sudah rusak bangunannyo sebab idak difungsikan,”tuturnya Diakuinya setiap Minggu sekali ada aktivitas transaksi perdagangan di sekitar pasar tersebut. Tetapi para pedagang mengelar barang dagangannya di luar gedung bukan di dalam gedung. Hal itu sudah berlangsung bertahun-tahun ,bahkan sejak dibangun tidak pernah dimanfaatkan oleh para pedagang.

“Tapi dengar kabar, katonyo Pasar Tradisonal Gunung Ibul ini nak difungsikan sebagai pasar Induk. Bagus lah kalu cak itu , sebab wacana tersebut sudah lamo ,tapi sampai saat ini belum terealisasi ,semoga be di tahun 2018 ini ,wacana Pemkot Prabumulih biso terwujud,” harap nya.

Sementara itu Lurah Gunung Ibul Sudirman SIP menambahkan, alasan para pedagang belum menggelar barang dagangannya di dalam gedung Pasar tersebut karena ada sekat pembatas. Sehingga untuk melakukan transaksi jual beli kurang leluasa karena itu mereka lebih senang menggelar barang dagangannya di luar gedung dengan menggunakan tenda di lapangan.

Dari pantuan Suara Nusantara,kemarin terlihat Pasar Tradisional Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur kondisi gedung tidak terawat dan memprihatinkan. Banyak coretan dan toilet tidak terawat serta fasilitas gedung banyak yang rusak. (and)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Ridho Bantu Korban Kebakaran di Kelurahan Gunung Ibul

Prabumulih, KoranSN Musibah kebakaran yang menimpa Suprianto alias Alex (38) dan Maulini Ekasari (34), warga ...

error: Content is protected !!