Pedagang Protes, Penertiban Lapak PKL Dinilai Tebang Pilih

Petugas Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tengah melakukan penertiban pkl dikawasan Simpang Tiga Jl. Jend Sudirman, Selasa(47) pagi. (foto-cr1)

Lubuklinggau, KoranSN

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Selasa (4/7/2017) pagi, menertibkan lapak pedagang kali lima (PKL) di kawasan Simpang Tiga Jalan Jendral Sudirman Pasar Inpres.

Namun, penertiban ini mendapat protes sejumlah pedagang, karena dinilai tebang pilih. Pasalnya, tidak semua lapak PKL yang ditertibkan, masih banyak lapak di pinggir jalan atau diatas trotoar di kawasan tersebut, yang tidak ditertibkan.

“Kita tetap mendukung kebijakan Pemkot Lubuklinggau untuk menertiban lapak PKL agar menjadi indah, namun hendaknya jangan tebang pilih,“ keluh Nanik (40) yang lapaknya dibongkar paksa oleh petugas.

Menurut ibu tiga anak ini, dengan penertiban lapak PKL yang tidak merata, akan menimbulkan kecemburuan PKL lainnnya yang lapaknya telah dibongkar.

Baca Juga :   14 Hari Jalintim OKI Lumpuh, Kendaraan Dialihkan ke Jalinteng

Dijelaskan warga yang berdomisi di Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklingau Timur II Kota Lubuklinggau itu, para PKL saat mendirikan lapak telah mengeluarkan modal bahkan setiap hari telah membayar uang keamanan dan karcis.

“Kami ini bukannya liar, tiap hari membayar uang keamanan dan karcis,“ tukasnya.

Oleh sebab itu, IRT ini meminta kebijakan Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe menurunkan tim untuk mengevaluasi atau mendata terhadap lapak PKL. “Jika memang menyalahi segera lakukan pembongkar, jangan ada pilih kasih, karena akan membuat resah dan sengsara masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :   Target Capai OKI Mandira 2024, Tampung Usulan & Masukan

Sementara itu, beberapa petugas dari Dinas Pasar dan Perindustrian Kota Lubuklinggau yang ditemui di lokasi mengatakan, nantinya semua lapak PKL akan ditertibkan semua.

“Penertiban ini sifatnya bertahap, nanti akan dilakukan juga terhadap lapak PKL lainnya,“ ujarnya. (cr1)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Owner Produk Olahan di OKUS Terima Dana Pembinaan

Muaradua, KoranSN Pemerintah Daerah OKU Selatan hadir memberikan dorongan semangat, sekaligus dana pembinaan terhadap kreativitas …