Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Kota Musi / Pedagang Telok Abang Mulai Ramaikan Pinggiran Jalan Palembang

Pedagang Telok Abang Mulai Ramaikan Pinggiran Jalan Palembang

Salah seorang pembeli saat melihat kapal telok abang yang dijual para pedagang. (foto-deni/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Sejak satu bulan terakhir, para pedagang Telok Abang mulai menggelar dagangannya di sejumlah titik di Kota Palembang, salah satunya di sepanjang Jalan Merdeka. Kegiatan berjualan Telok Abang ini, sepertinya telah menjadi agenda tahunan bagi para pedagang tersebut.

Menurut salah satu pedagang, Irman (39), Telok Abang ini merupakan tradisi turun-temurun berlangsung sejak zaman Belanda. Seiring perkembangan zaman, tradisi Telok Abang dilakukan setiap merayakan HUT RI.

Irman juga mengatakan, sejak dulu Telok Abang sengaja diletakan di atas beberapa miniatur berbentuk pesawat, mobil dan perahu guna menambah daya tarik Telok Abang. Ia mengaku telah memproduksi dan menjual Telok Abang tersebut sejak 20 tahunan lebih, bahkan hal itu sudah menjadi usaha keluarga.

“Kita sudah berjualan Telok Abang ini sejak lama, kira-kira 20 tahunan yang lalu. Biasanya setiap tanggal 1 Agustus itu kita mulai gelar dagangan mulai pukul 09.00 WIB pagi hingga jam 17.00 WIB sore,” jelasnya, Kamis (9/8/2018).

Baca Juga :   Lury Elza Alex Noerdin Dikaruniai Putra Kembar

Ia menerangkan, penjualan untuk satu telok abang dihargai dengan Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu, hal tersebut tergantung pada bentuk dan ukurannya. Omset yang didapatnya dari penjualan Telok Abang sendiri setiap tahunnya bisa mencapai belasan juta rupiah.

“Biasanya hingga penjualan di tanggal 17 Agustus nanti, kita bisa meraup total omset sekitar Rp 10 juta seperti tahun kemarin secara keseluruhan, Namun untuk tahun kita belum tahu juga karena sekarang juga saingannya sudah bertambah banyak kan,” ujarnya.

Irman yang merupakan warga Jakabaring tersebut menambahkan setiap harinya dia mampu meraup untung hingga Rp 400 ribu. Tetapi untuk beberapa hari ini dirinya hanya dapat menjual Telok Abang sekitar 2 atau 4 buah.

Baca Juga :   Chairil-Mualimin Kurang 125.612, Akhor Kurang 95.300 Dukungan

“Mungkin karena ini baru beberapa hari, biasanya orangorang akan banyak datang untuk membeli Telok Abang di tanggal 15 Agustus nanti mendekati HUT RI,” imbuhnya.

Sementara itu, Darman (32) mengatakan, setiap tahunnya dia memang telah melakukan persiapan dri jauh-jauh hari untuk berjualan Telok Abang tersebut.

“Persiapannya sudah kita lakukan sejak jauh-jauh hari. Di rumah juga telah ada ratusan telok abang sebagai persiapan untuk berjualan hingga tanggal 17 nanti. Alhamdulillah setiap tahun laris, banyak yang beli, ada juga yang bilang 17 agustusan tidak lengkap kalau tak beli telok abang,” jelasnya. (den)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru Berhasil Bina Daerah Peduli HAM

Bandung, KoranSN Dinilai berhasil dalam membina daerah Peduli Hak Azazi Manusia (HAM), Gubernur Sumatera Selatan …