Pelajar Dapat Edukasi Sampah Bernilai Ekonomi

Suasana kegiatan sosialisasi pembuatan kompos dan pembentukan Bank Sampah. (foto-robby/koransn.com)

Lahat, koranSN

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat Bidang Pengelolaan Sampah LB3 dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Kabupaten Lahat mengadakan sosialisasi pembuatan kompos dan Pembentukan Bank Sampah di SMPN Unggul 6 Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan.

Kepala Dinas LH Kabupaten Lahat Ir. H. Misri. MT melalui Kabid Pengelolaan sampah LB 3 dan PKLH H. Budi Utama. S.IP diwakili oleh Kasi PKLH M. Chairul Hakim. SE mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengedukasi siswa agar memahami kegiatan mitigasi lingkungan terkait pemanfaatan sampah untuk menjadi pupuk kompos dan pemilahan sampah agar jadi bernilai guna mempunyai nilai ekonomis.

Masih kata Budi, dalam kegiatan ini, para siswa diberikan pemahaman untuk diet terhadap sampah plastik. Kami mengharapkan pihak sekolah melalui para guru dapat membuat aturan larangan kepada para siswa membawa makanan minuman dalam kemasan plastik.

Baca Juga :   Sanksi Tegas Untuk ASN Tidak Netral

Menurut Budi, pemahaman ini diberikan sejak dini kepada siswa menengah pertama, tujuanya, sambung Budi, agar mereka paham jika sampah tidak diolah dengan bijaksana dan ramah maka kita lingkungan kita dan biota sungai kita akan tercemar dengan pola hidup yg buruk.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Brigpol Dodi Permana. SE.MM selaku Direktur Bank Sampah Lahat peraih penghargaan Kalpataru Tingkat Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.

Dodi mengatakan, kebersihan merupakan cermin diri pribadi kita dan dapat membentuk pola disiplin serta peduli terhadap lingkungan sekitar.

Selain itu Kepala Sekolah SMPN Unggul 6 Lahat Arief. SPd menyambut baik dan berterima kasih kepada DLH Lahat yang telah mengedukasi siswa tentang arti penting pemanfaatan sampah organik dan Pembentukan Bank Sampah disekolah .

Baca Juga :   H Juarsah: Ganti Rugi Lahan Jangan Timbulkan Kekecewaan Masyarakat

Dia berpendapat, Sebagai sekolah yg mengedepankan imtaq dan akhlak siswa dengan kegiatan asrama makan ditanamkan sejak dini.

“Semua siswa wajib menjaga kebersihkan sekolah. Ke depan kami akan segera membentuk sampah untuk meminimalisir sampah dari sekolah ini,” tegasnya. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kawal Pasokan di Lahat, Pertamina Kembali Salurkan 4.520 Tabung LPG 3 Kg Serentak di 18 Titik

Lahat, KoranSN PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melakukan berbagai upaya …