Pelaksanaan Umrah, Tunggu Sinyal

Ilustrasi.(foto-net)

Pagaralam, KoranSN

Calon jamaah umrah menunggu waktu untuk menunaikan niatnya berkunjung ke Baitullah. Ini karena belum ada sinyal tentang boleh tidaknya jamaah untuk berangkat umrah pasca musim ibadah haji.

Itu berbeda dengan keberangkatan calon jamaah haji dari Indonesia yang diumumkan ditiadakah oleh pemerintah beberapa waktu lalu. Alasannya, karena masih pandemi covid-19.

“Kalau haji sudah final tidak ada tahun ini. Kalau umrah kita masih menunggu informasi lebih lanjut,” ujar Kepala Cabang Zafa Tour Pagaralam, Dadang Patra Jaya, ketika dihubungi koran ini, kemarin.

Meskipun demikian Dadang menambahkan, informasi yang berkembang menyebutkan bahwa saat ini Masjid Nabawi telah dibuka kembali untuk Salat Subuh berjamaah. Karenanya calon jemaah diharapkan segera diizinkan berziarah ke sana.

Baca Juga :   Puluhan Warga PALI Terjaring Razia Yustisi

Sementara itu Kepala Cabang AQM Pagaralam, Feri mengatakan, pihaknya berencana untuk memberangkatkan calon jemaah umrah pada November mendatang. Ini karena saat ini sudah masuk bulan haji. “Insya Allah tidak ada perubahan lagi,” ujarnya ketika dihubungi terpisah. Meskipun begitu saat ini AQM tetap menerima pendaftaran calon jamaah umrah.

Ardiansyah SPd, Leader Arminareka Perdana Pagaralam juga menyampaikan hal yang senada. Ardi bilang, pihaknya belum tahu kapan umrah bisa dilaksanakan.
“Belum ada pengumuman dari Kerajaan Arab Saudi tentang dibolehkannya umroh. Kapan akan diumumkan? Belum pula ada kepastian,” ujar Ardi.

Lebih lanjut dikatakan Ardi, Pemerintah Indonesia dan agen-agen travel tentu akan patuh dengan kebijakan yang dibuat KSA. Untuk musim umrah dalam keadaan normal sudah berakhir di tanggal 15 syawal 1441H atau pada 7 Juni. Dalam keadaan normal lanjut dia, semestinya pekan ini sudah memasuki musim haji.

Baca Juga :   Ratusan Pegawai Pemkab Muara Enim di Tes Urine

“Tidak ada lagi jamaah umrah,” tuturnya.

Arminareka sendiri, Ardi menambahkan, berencana menjadwalkan keberangkatan umrah pada Desember 2020. Degan harapan pada bulan tersebut keadaan sudah relatif stabil atau normal kembali. Dan visa umrah diharapkan sudah dikeluarkan KSA. (asn)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jaga Alam Kunci Cegah Karhutla

Kayuagung, KoranSN Kolaborasi antar pemangku kepentingan serta bersama menjaga alam merupakn kunci pencegahan kebakaran hutan, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.