Home / Ekonomi / Pelaku Usaha Masih Minim Masuk Data Bekraf

Pelaku Usaha Masih Minim Masuk Data Bekraf

Para pelaku usaha ikuti Bisma, Kamis (25/4/2019). (foto-soimah/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) mencatat julmah pelaku usaha ekonomi kreatif di Palembang masih minim yang masuk dalam data resmi bekraf.Dari total 47.000 pelaku ekonomi kreatif baru 544 pelaku yang tercatat di Bekraf. Hal tersebut dikatakan, Direktur Riset dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Bekraf, Wawan Rusiawan di Hotel Horison Palembang, Kamis (25/5/2019).

“Untuk itu kita gelar event BISMA (BEKRAF Information System in Mobile Application) Goes to Get Member (BIGGER) yang diikuti sebanyak 250 pelaku usaha di Palembang,”jelasnya.

Dijelaskannya, BISMA adalah platform unggulan bagi pelaku kreatif untuk mendaftarkan diri ke database resmi Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) melalui aplikasi (android/ios) dan website BISMA di httpszllbisma.bekraf.go.id/. Untuk mengikuti event ini, pelaku ekonomi kreatif di wilayah Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang cukup mendaftarkan diri dan bergabung dengan 37 ribu pelaku ekonomi kreatif Iainnya yang saat ini telah terdaftar di database BISMA.

Diharapkannya, acara tersebut akan mendukung komunikasi dua arah antara pelaku ekonomi kreatif dari 16 subsektor dengan BEKRAF untuk memudahkan pemerintah menangkap masalah, memonitoring perkembangan usaha serta menerima saran seputar ekonomi kreatif sehingga dapat dihasilkan pemetaan akurat yang dapat membantu penyusunan kebijakan ekonomi kreatif dan menciptakan ekosistem ekonomi kreatif yang kondusif. Selain itu pelaku ekonomi kreatif yang terdaftar di BISMA akan lebih mudah dalam mendapatkan kesempatan untuk difasilitasi ataupun mendapatkan pendukungan oleh BEKRAF dalam mengembangkan usaha kreatif mereka.

Baca Juga :   Ramadhan, The Excelton Hotel Kaya Rasa

Dari hasil survey khusus ekonomi kreatif BPS dan BEKRAF, di tahun 2016 dijelaskannya, produk
domestik bruto (PDB) ekonomi Kreatif tercatat 922,59 triliun rupiah, angka tersebut meningkat 4,95 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah unit usaha ekonomi kreatif berdasarkan hasil Sensus Ekonomi 2016 (SE 2016) untuk KBLI Ekonomi Kreatif sebanyak 8.203.826 usaha. Kegiatan BIGGER di Kota Palembang juga merupakan ajang berjejaring bagi para stakeholder ekonomi kreatif. Kota Palembang dengan total 47.261 pelaku ekonomi kreatif yang 5 subsektor terbesamya bergerak di subsektor kuliner sebanyak 34.090 usaha kreatif, subsektor fesyen 7.279 usaha kreatif, subsektor kriya dengan 3.936 usaha kreatif, subsektor penerbitan dengan 760 usaha kreatif dan subsektor fotografi dengan 330 usaha kreatif. “Hal ini dinilai sangat potensial untuk pengembangan ekonomi kreatif bagi BEKRAF untuk berkoordinasi dan memfasilitasi terjadinya kolaborasi antar pelaku kreatif,”ujarnya.

Baca Juga :   Mentri BUMN Resmikan Pusri 2B

Selepas pembukaan, dilanjutkan dengan BEKRAF Session yang dihadiri oleh jajaran pejabat BEKRAF sebagai pembicara kunci yang hadir yaitu, Endah Wahyu Sulistianti (Deputi Hubungan Antar Wilayah dan Lembaga ), Wawan Rusiawan (Direktur Riset dan Pengembangan). BEKRAF Session adalah sesi konsultasi dimana pelaku kreatif dapat berinteraksi langsung dengan Pejabat di lingkungan BEKRAF dan berdiskusi seputar peran BEKRAF dan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Pada sesi ini juga dipaparkan program kerja dari tiap kedeputian yang hadir agar para peserta yang hadir mengetahui program program apa yang dimiliki oleh Bekraf sehingga dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan usaha.

Kegiatan tersebut diisi dengan sesi panel dengan materi sosialisasi aplikasi BISMA oleh Maman Rahmawan (Kasubdit lnformasi dan Pengolahan Data). Dilanjutkan dengan sesi Permodalan dan Branding Produk Ekonomi Kreatif oleh Andhika Diskartes lnovasi serta diteruskan sesi Meningkatkan Potensi Produk dengan Packaging yang baik oleh Sugeng Untung dan Foto Produk Menggunakan Kamera Smartphone oleh Ariana Octavia pada sesi terakhir adalah Pemanfaatan Sosial Media dan Pemasaran Digital oleh M. Arif Rahman. (ima)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Wuling Experience Weekend Gebrak Palembang

Palembang, KoranSN Dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tahun, Wuling Motors (Wuling) bekerja sama …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.