Pelatihan UKM Tunjang Kemasan Agar Bersaing di Pasar Internasional

Asisten I saat menyatakan secara simbolis tanda peserta pelatihan. (Foto-Fahlevi/KoranSN)

Empat Lawang, KoranSN

Guna meningkatkan mutu dan kwalitas produk dikalangan Usaha Kecil Menengah (UKM) Dinas Koperasi dan UKM Empat Lawang, Senin (29/10/2018) melaksanakan pelatihan teknik kemasan produk sebagai upaya memperkuat daya saing sektor rel di pasar nasional dan global.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Kuswinarto mengatakan, pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta UKM di Empat Lawang serta dengan tiga pendamping.

“Melalui pelatihan ini para peserta silahkan bertanya gimana cara meningkatkan produk kepada para pendamping serta narasumber yang kita datangkan,” kata Kuswinarto.

Sementara itu, Kabid pengawasan dan Pemeriksaan, Ambar Sehatiningsi menyampaikan, kegiatan ini adalah program pemerintah guna meningkatkan industri kecil. Sebab Kemasan produk yang menarik dan standar merupakan syarat mutlak untuk bisa dipasarkan pada gerai ritel modern.

Baca Juga :   Polisi, Panwas dan Kejari Bentuk Satgas Anti Money Politik Pilkada Pagaralam

Selama ini kemasan yang sesuai standar, lanjutnya, menjadi kendala bagi UMKM, khususnya di sektor makanan dan minuman olahan. Padahal dari segi rasa, produk makanan dan minuman olahan UMKM tidak kalah dengan produk hasil pabrikan.

“Jenis diklat ini sesuai dengan program Pak Gub Sumsel. Provinsi tidak bisa maju tanpa dukungan dari kabupaten/kota, salah satunya dibidang koperasi atau UKM,” katanya.

Ia juga mengatakan, UKM memerlukan media pemasaran yang efektif untuk memperluas pangsa pasar. Medsos merupakan salah satu media pemasaran untuk mendukung tujuan tersebut.

Sedangkan, Asisten I Sekda Empat Lawang, Rahmat Riandy menuturkan, biasanya industri kecil di Empat Lawang selama ini mengirim barang mentah. Semoga dengan adanya pelatihan seperti ini kedepan UKM kita bisa mencari cara bagaimana cara agar bisa mengirim barang setengah jadi atau barang jadi.

Baca Juga :   Yonkav 5/DPC Karang Endah Gelar Turnamen Sepakbola

“Sebab kemasan sangatlah penting dalam menunjang harga jual di pasaran. Melalui peltihan ini, diharapkan UMKM dari berbagai daerah bisa saling belajar, baik itu tentang produk maupun cara pengemasan yang baik agar dapat bersaing secara baik,” tutupnya. (foy)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Disambut Ribuan Muslimat NU

OKUT, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru menghadiri pengajian akbar Muslimat NU di …