Home / Gema Sriwijaya / Lahat / Pelayanan KTP Dipermudah

Pelayanan KTP Dipermudah

Ilustrasi, Pelayanan KTP Dipermudah
Ilustrasi, Pelayanan KTP Dipermudah

Lahat, KoranSN

Untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam membuat akte kelahiran, akte kematian, e-KTP dan KK, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Lahat, turun langsung kelapangan alias jemput bola seperti yang dilakukan di Dusun IV Tebat Pesuk Desa Rindu Hati Kecamatan Gumay Ulu,kemarin.

Kepala Dinas Dukcapil, Yohn Tito melalui Kabid Pencatatan Sipil Zatimudin, S Sos mengatakan, pelayanan ditempat tersebut dilakukan untuk selain mempermudah masyarakat untuk membuat data kependudukan juga untuk mengenalkan kepada masyarakat perlunya masyarakat memiliki semua data kependudukan tersebut. “Ini agar semua masyarakat khususnya yang ada di desa-desa terpencil dapat melengkapi semua data keluarga mereka,” ujarnya.

Zatimudin mengungkapkan,  melihat selama ini tingkat permohonan masyarakat yang ada di desa masih sangat rendah. Jadi, pihaknya harus menjemput bola, bekerja sama dengan pihak kecamatan. Dengan harapan, semua masyarakat di wilayah Lahat memiliki data kependudukan yang valid.”Keterbatasan akses mereka ke kota, membuat kita membuat upaya jemput bola,” paparnya.

Baca Juga :   Nopran Marjani Kunjungi Warga Desa Purworejo Kikim Timur

Ditambahkanya, jika hal tersebut akan terus dilakukan. Dengan target 77 persen di setiap kecamatan.”Untuk sekarang baru 50 persen masyarakat yang memiliki data kependudukan yang valid,” ungkapnya.

Terpisah, Yohn Tito sendiri mengungkapkan, hal tersebut bukan pertama kali dilakukan upaya jemput bola. “Program Bupati Aswari, supaya pembuatan KTP, KK, akte kelahiran dan akte kematian menjangkau ke pelosok Lahat terlayani,” jelasnya.

Menurut, Intan (18) warga Desa Sumber Karya, Kecamatan Gumay Ulu mengatakan sangat diuntungkan dengan program ini. Pasalnya, dirinya dapat membuat KTP tanpa harus jauh-jauh ke Lahat. Intan juga mengaku sampai saat ini belum memiliki KTP, padahal seharusnya dirinya sudah wajib memiliki KTP satu tahun lalu.

Baca Juga :   Truck Hantam Sepeda Motor Warga Batam

“Adanya program ini sekarang saya sudah mempunyai KTP tanpa harus mengurusnya jauh-jauh ke Lahat, jaraknya lebih dari 20km dari tempat kami ini,” ungkapnya.Yurkan (35) warga Desa Lubuk Selo yang mengaku sangat terbantu dengan program tersebut. Sebab dirinya dapat membuat akte kelahiran kedua anaknya dengan mudah , tanpa harus mengeluarkan ongkos untuk ke Lahat.  “Kito manfaatke  nian momen ini pak, untuk punyo kk dan ktp,”jelasnya. (rob)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Sidak, Sekda Lahat Januarsyah Temukan Banyak ASN Bolos dan Ruangan Kantor Terkunci

Lahat, KoranSN Tingkat disiplin ASN di Kabupaten Lahat masih jauh dari kata sempurna. Sebab masih …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.