Pembangunan Tower SUTT Masih Terkendala Masalah Keamanan

Plt Bupati Muba Ir David BJ Siregar MSc saat memberikan arahan pada rapat koordinasi pembangunan jaringan listrik PLN SUTT dari G1 Betung ke G1 Teladan Sekayu di ruang rapat Bupati. (foto/Sumantri)
Plt Bupati Muba Ir David BJ Siregar MSc saat memberikan arahan pada rapat koordinasi pembangunan jaringan listrik PLN SUTT dari G1 Betung ke G1 Teladan Sekayu di Ruang Rapat Bupati. (foto/Sumantri)

Sekayu, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin menggelar rapat koordinasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), Ketua DPRD Muba Abusari Burhan SH MSi, Asisten II Setda Muba Ir Sulaiman Zakaria MT, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Camat Sekayu, Camat Lais beserta kades, PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) III  Sumatera Selatan, dan dipimpin oleh Plt Bupati Muba David BJ Siregar,  terkait pembangunan jaringan listrik PLN Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dari Gardu Induk Betung ke Gardu Induk Sekayu, di ruang Rapat Bupati Muba, Selasa (15/11/2016).

Dalam rapat tersebut Manager PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) III  Sumatera Selatan Adril Fadjri, memaparkan bahwa pembangunan SUTT dari gardu induk betung ke gardu induk Sekayu berjumlah 118 unit tower dengan kapasitas jaringan listrik sebesar 150 KV (Kilo Volt). Pembangunan itu sudah dan sedang dilaksanakan, namun menurutnya ada sebagian tower belum dapat dikerjakan karena ada berbagai kendala yang terjadi dilapangan, diantaranya masalah ganti rugi tanam tumbuh dan masalah keamanan.

Baca Juga :   Kapolres Himbau Masyarakat Jangan Taruhan

“Apapun tantangan dilapangan akan kami hadapi supaya pembanganan SUTT ini bisa terlaksana secepat mungkin, tapi untuk masalah sosial kami hanya mengganti atau membayar ganti rugi sesuai dengan perturan Gubernur Sumsel yang telah dikaji oleh kantor jasa penilai publik (KJPP). Mudah-mudahan kita bisa bersinergi dalam menyelesaikan masalah ini,” ujarnya.

Menanggapi paparan dari Manager PT PLN UIP III Sumsel itu, Plt Bupati Muba David BJ Siregar menghimbau kepada para pihak terkait terutama kepada Camat Sekayu dan Camat Lais yang wilayahnya dilewati jaringan SUTT, untuk meningkatkan koordinasi dan dapat terjun langsung kelapangan guna menyelesaikan kendala-kendala yang dapat menghambat pembangunan SUTT dari gardu induk Betung ke gardu induk Sekayu.

“Untuk pihak PT PLN kami sangat mengapresiasi pembangunan SUTT ini, dan kepada camat harus terjun langsung kelapangan serta tolong segera dikoordinasikan ke kepala desa, kita tetap upayakan target Desember 2016 ini selesai,” tegas David.

Baca Juga :   Polres Banyuasin Gelar Operasi Ketupat 2018

Dalam kesempatan yang sama Kasih Intel Polres Muba AKP Metri Haryadi SH mengatakan jika diminta pengamanan pihaknya siap melalui prosedur untuk turun kelapangan. “Kita berharap tidak terjadi konflik sosial berkaitan dengan wacana terjadinya keterlambatan dalam pembangunan SUTT ini,” harap Metri.

Sementara itu Lurah Serasan Jaya Kecamatan Sekayu, Edi Harianto, berkomitmen mendukung pembangunan SUTT supaya tetap berjalan, dengan mengatasi kendala-kendala yang terjadi dilapangan. (tri)

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Polres Muara Enim Vaksinasi Door to Door

Muara Enim, KoranSN Untuk mempercepat vaksinasi di Kabupaten Muara Enim serta menindak lanjuti Program 100 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.