Home / Headline / Pembebasan Lahan Musi IV Molor

Pembebasan Lahan Musi IV Molor

Palembang, KoranSN.com – Molornya pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan Musi IV berdampak terhadap berkurangnya dana pengerjaan fisik yang dianggarkan dalam APBN 2015.

Kasatker Pelaksana Jalan dan Jembatan Metropolitan Palembang pada Balai Besar Jalan Nasional (BBJN) III, Gunawan mengatakan pihak balai besar menganggarkan untuk pengerjakaan fisik jembatan Musi IV sejak dua tahun lalu. Pada tahun 2014 lalu dianggarkan berkisar Rp 20 Miliar dan pada tahun 2015 berkisar Rp 90 Miliar. Namun karena sesuatu hal diantaranya molornya persoalan pembebasan lahan maka dananya tinggal Rp 63 Miliar.

“Kita masih optimistis, dan informasi terbaru tinggal proses pembayaran karena sudah ada kesepakatan dengan banyak warga. Meskipun masih ada sedikit warga yang belum sepakat,” katanya kemarin.

Menurutnya, bagi warga yang lahannya belum sepakat dibebaskan dapat diproses lebih lanjut yakni proses di pengadilan. Sedangkan lahan yang telah sepakat dibebaskan, segera dilakukan pembayaran ganti rugi sehingga tahap awal untuk fondasi jembatan Musi IV bisa dilakukan.

Baca Juga :   Pilkada Muratara Terancam Diundur

Ia juga mengakui, jika proses pembebasan lahan sangat sulit dilakukan tim pembebasan lahan dari Pemkot Palembang. Pada tahun 2015 ini diyakini pembebasan lahan sudah bisa dilakukan pada bulan Februari namun molor April dan hingga Mei saat ini. Namun begitu, sudah ada kemajuan dari waktu kewaktu.

“Kita akan lelang jika lahan sudah clear, dan ini tampaknya dalam proses pembayaran di seberang ilir,” terangnya.

Untuk di Seberang Ulu (SU), sambung Gunawan, sejauh ini masih kekurangan dana dan masalah tersebut dicarikan jalan keluarnya jika ganti rugi lahannya sudah rampung semua. Dengan perkembangan saat ini, meskipun pihaknya sedikit mengerutkan dahi namun sudah ada titik terang untuk pembangunan jembatan Musi IV.

“Kami kira tinggal sedikit prosesnya, namun yah itu tadi pembebasan lahan molor. Sehingga waktu pelaksanaan untuk menyerap anggaran fisiknya semakin mepet,” jelasnya.

Baca Juga :   Sumsel Bersaing di Perdagangan ASEAN

Untuk itu, Gunawan memberi sinyal bahwa proses lelang untuk pengerjaan fisik dengan anggaran Rp 63 Miliar sebagai tahap awal segera dimulai. Jika berjalan lancar maka awal bulan depan bisa dilakukan proses lelang. “Sekarang waktu efektif tinggal 5 bulan lagi. Berapa nanti yang bisa diserap,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, dengan anggaran Rp 63 Miliar maka pihaknya memperkirakan pengerjaan fisik yang bisa dilakukan yakni membangun jembatan pendekatnya dahulu disamping tiang pancang sebagai tanda dimulainya pembangunan jembatan Musi IV. Sampai saat ini juga pihaknya terus berkoordinasi dengan pemkot.

“Jembatan Musi IV sudah sangat mendesak mengingat jalan penghubung antara Palembang Ulu dan Ilir jalurnya sangat terbatas yakni hanya mengandalkan Jembatan Ampera, Jembatan Musi II saja. Semoga dengan momen Asian Games 2018 bisa mempercepat proses pembangunan jembatan Musi IV. Dan sangat dimungkinkan tahun depan anggarannya bisa ditingkatkan lebih banyak lagi,” pungkasnya. (wik)

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa Kodim Palembang Tingkatkan Patroli dan Sosialisasi

Palembang, KoranSN Guna mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di kawasan yang rawan kebakaran, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.