Pemdes Noman Gelar Sosialisasi Pola Hidup Sehat

Tampak sosialisasi sedang berlangsung. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Pemerintah Desa (Pemdes) Noman Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar sosialisasi pola hidup sehat yakni stop membuang air besar sembarangan, Senin (23/12/2019).

Acara ini berlangsung di gedung SDN 2 Noman, dihadiri oleh Camat Rupit, Dinkes Muratara, Pendamping Kecamatan, Ketua BPD, Perangkat Desa, tokoh masyarakat, pemuda dan sejumlah warga masyarakat Desa Noman.

Kepala Desa (Kades) Noman, Kecamatan Rupit, Taufik Haris mengatakan, hari ini dan besok Pemdes Noman menggelar sosialisasi stop buang air besar sembarangan. Sedangkan 26 Desember nanti akan digelar sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

“Dana sosialisasi ini bersumber dari Dana Desa bidang pemberdayaan tahun 2019,”Katanya

Baca Juga :   Resmikan Masjid Jami' Nurul Hidayah, Herman Deru Ajak Jemaah Makmurkan Masjid

Ia menjelaskan, maksud dan tujuan diadakan sosialisasi ini adalah untuk mengubah pola pikir masyarakat jangan sampai membuang air besar sembarangan khususnya di sungai.

Kedepan, Kades berharap agar masyarakat Desa Noman tidak lagi membuang air besar di sungai karna membuang air besar di sungai bisa menyebabkan pencemaran dan bisa menimbulkan penyakit bagi masyarakat hilir yang masih menggunakan sungai sebagai tempat mandi dan mencuci.

“Tahun ini Pemdes Noman sudah memberikan bantuan jamban (WC) kepada keluarga yang tidak mampu sebanyak 36 unit, jamban jamban ini kita berikan kepada keluarga yang tidak mampu sebagai tempat mereka membuang air besar,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muratara, Marlinda Sari melalui Kabid Kesehatan masyarakat, Evi mengatakan, melalui sosilaisasi ini agar dapat merubah prilaku masyarakat yang dulunya buang air besar ke sungai dengan adanya jambanisasi masyarakat mereka tidak lagi.

Baca Juga :   AKBP Bayu D: Caleg dan Masyarakat Harus Ciptakan Suasana Kondusif

“Kegiatan kita ini kan sosialisasi stop buang air besar sembarangan, seiring jalan Kades sudah yang membuat jamban, dari seluruh masyarakat yang ada hanya sekitar 40 persen yang tidak ada jambannya,” katanya. (snd)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkab Muratara Himbau Warga Tak Kunjungi Tempat Wisata

Muratara, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Rawas Utara (Muratara) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.