Selasa , November 13 2018
Home / Gema Sriwijaya / Banyuasin / Pemdes Talang Ipuh Gelar MMD

Pemdes Talang Ipuh Gelar MMD

Tampak kegiatan MMD saat berlangsung. (foto-siryanto/koransn.com)

Banyuasin, KoranSN

Pemerintah Desa (Pemdes) Talang Ipuh menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), bertempat di kantor Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Senin (22/10/2018). Musyawarah ini sebagai tindak lanjut dari Survey Mawas Diri (SMD), Juni 2018 lalu.

Acara tersebut didampingi tenaga kesehatan Puskesmas Suak Tapeh dan dihadiri Kepala Desa Talang Ipuh, Ardina beserta perangkat desa lainnya, Ketua BPD Rizwam, bidan desa dan kader Posyandu, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur masyarakat lainnya.

Kepala Desa Talang Ipuh Ardina dalam sambutannya mengakui, pihaknya sudah terlambat dalam pembuatan rencana kegiatan pembangunan (RKP). Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk menyampaikan usulannya.

“RKP ini sebenaranya berdasarkan usulan dari masyarakat desa dan itu berdasarkan RPJMDes yang akan dituangkan di APBDes. Kita juga tidak bisa membangun tanpa musyawarah di desa,” kata Ardina.

Dikatakannya, MMD ini bertujuan untuk menggali potensi khususnya untuk layanan sosial dasar, baik yang menyangkut masalah kesehatan, pendidikan, sosial dan budaya.

“Kegiatan ini harus di laksanakan setiap tahun, agar mudah mengevaluasi setiap kegiatan-kegiatan yang sudah maupun yang belum dilaksanakan,” ujar Kades.

Sementara Neti dari UPT Puskesmas Suak Tapeh mengatakan, kgiatan ini tindak lanjut dari SMD pada Juni lalu dan sangatlah positif serta membantu, terkait akan di laksanakannya rencana usulan kegiatan yang akan di selenggarakan UPT Puskesmas Suak Tapeh.

Hasil MMD tersebut selain mendapatkan prioritas usulan kegiatan, diharapkan bisa menjadi barometer dalam tahap Penyusunan Perencanaan Kegiatan baik di Desa Talang Ipuh maupun di Puskesmas Kecamatan Suak Tapeh.

“Hasil dari Survey Mawas Diri (SMD) kami pada bulan Juni yang lalu, ada 4 kriteria permasalahan pokok yang telah dihasilkan, diantaranya masalah gizi, ibu hamil muda yang terkena hipertensi, rumah kurang layak huni, masalah kesehatan lingkungan dan layanan air bersih,” kata dia. (sir)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HD Minta Pelabuhan TAA Segera Dihidupkan

Banyuasin, KoranSN Memasuki 40 hari masa kerjanya sebagai Gubernur Sumsel, Herman Deru bergerak cepat membenahi ...

error: Content is protected !!