Pemekaran Pantai Timur Solusi Pembangunan di OKI

Hendri Zainudin.
Hendri Zainudin.

Kayuagung, KoranSN

Luasnya wilayah kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yakni lebih dari 19 ribu kilometer persegi tentunya menjadi faktor penghambat pembangunan yang disokong kecilnya anggaran. Melepaskan area Pantai Timur untuk dimekarkan menjadi kabupaten baru, merupakan solusi terbaik pembangunan.

Demikian pendapat anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sumsel, H Hendri Zainuddin SAg SH, di hadapan sejumlah pejabat di jajaran Pemkab OKI saat silahturahmi dan menghadiri tasyakuran 10 tahun Ponpes Tauhidil Muchlisin di Desa Sukapulih, Kecamatan Pedamaran OKI, Minggu (16/10/2016).

“Solusi pembangunan di OKI yakni pemekaran Pantai Timur, semoga bupatinya ikhlas melepas Pantai Timur,” kata mantan anggota DPRD Banyuasin periode 2004-2009 dan 2009-2014 ini.

Mantan Manajer Sriwijaya FC (2009-2010) dan Direktur Teknik dan SDM PT SOM itu menambahkan, bila tahun depan pemerintah pusat akan memekaran daerah di Sumsel, tentunya Pantai Timur dan Kikim Area yang menjadi prioritas kementerian.

Baca Juga :   Eks Kantor Desa Sejagung Memprihatinkan

Adanya pemekaran kabupaten ucapnya, tentu akan meningkatkan APBD. Ia mencontohkan kabupaten Musi Banyuasin (induk) dan Banyuasin (pemekaran). Saat ini APBD Musi Banyuasin Rp 2,3 trilyun dan Banyuasin Rp 1,8 trilyun.

“Jika APBD OKI Rp 1,6 trilyun, umpama adanya pemekaran Pantai Timur bisa menghasilkan APBD Rp 1,2 trilyun maka total APBD kabupaten induk dan pemekaran menjadi Rp 2,8 trilyun. Adanya pemekaran, kecamatan-kecamatan di kabupaten induk akan cepat berkembang,”ulasnya.

Hendri Zainuddin juga memuji mantan Gubernur Sumsel periode 2003-2008 Ir H Syahrial Oesman MM yang hadir pada acara tasyakuran. Katanya, wacana pemekaran Pantai Timur dan Kikim Area juga karena ada peran Syahrial Oesman saat masih menjabat gubernur.

Baca Juga :   PKK PALI Ajak Warga Hijaukan Bumi PALI

“Semua ini berkat Pak Syahrial Oesman, semoga berkahnya terwujud di tahun 2018 mendatang. Jika nanti Pak Syahrial Oesman dilantik menjadi gubernur, pasti Ponpes Tauhidil Muchlisin yang pertama kali didatangi Syahrial Oesman,” katanya berpolitik. Cetusnya pula, Syahrial Oesman juga menjadi tokoh rencana pemekaran provinsi Sumsel menjadi Sumsel dan Sumsel Barat. (iso)

 

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Polisi Bentuk Tim Usut Tewasnya 11 Penambang Ilegal di Muara Enim

Muara Enim, KoranSN Pihak kepolisian Polres Muara Enim, Kamis (22/10/2020) membentuk tim untuk mengusut kasus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.