Selasa , November 13 2018
Home / Gema Sriwijaya / Pemekaran Sumselbar Perlu Dikaji Kembali

Pemekaran Sumselbar Perlu Dikaji Kembali

Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo, MM
Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo, MM

PALI, KoranSN

Maraknya isu pemekaran Provinsi Sumatera Selatan Barat (Sumselbar), dinilai Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir. H. Heri Amalindo, MM agar dipertimbangkan terlebih dahulu dan dikaji kembali oleh Tim Ahli.

“Saya sepakat hal itu, namun alangkah lebih baiknya jika itu dipertimbangkan terlebih dahulu, kalau perlu kita gunakan tim Ahli dari segala disiplin ilmu untuk mengkaji kembali rencana jangka menengah dan panjang pemekaran provinsi tersebut. Jangan sampai itu digunakan untuk kepentingan politik saja,” tutur Heri Amalindo kepada SN, Kamis (12/5/2016).

Menurut dia, pemekaran untuk menjadi provinsi tidak seperti pemekaran kabupaten.

“Kita lihat dahulu potensi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD), baik itu dari sektor Sumber Daya Alammya (SDA) maupun Sumber Daya Manusianya (SDM), jangan ketika itu sudah terbentuk, provinsi tadi belum mandiri dan masih mengharapkan bantuan pemerintah pusat karena APBDnya tidak kunjung meningkat,” jelas Heri.

“Kemudian, kita lihat juga wilayahnya. Karena kalau menurut hemat kami, pemekaran Provinsi SumselBar belum terlalu mendesak,” sambung mantan Kadin PU Bina Marga Provinsi Sumsel.

Karena menurut Heri, pemekaran provinsi itu belum tentu mendekatkan dengan masyarakat.

“Kalau pemekaran kabupaten itu jelas, masyarakat cenderung lebih dekat dalam urusannya ke kabupaten, contoh di kabupaten PALI sendiri. Saya rasa, justru ini yang mendesak untuk di wilayah provinsi Sumatera Selatan, pemekaran kabupaten/kota. Karena wilayah Provinsi Sumsel yang sangat luas. Tapi tetap, kita harus kembali kaji potensi PAD wilayahnya. Jangan sampai setelah pemekaran, tidak terjadi perkembangan,” tandasnya. (ans)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Jemput Bola, Dodi Reza Alex Sisir Penderita Bibir Sumbing

Sekayu, KoranSN Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin turun langsung ke desa-desa menyisir penderita bibir ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!