Home / Advetorial / Pemkab Lahat Suport Pesantren Bangun SDM

Pemkab Lahat Suport Pesantren Bangun SDM

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Bupati Lahat, H Aswari saat mengunjungi Ponpes Darussalam, dalam kesempatan tersebut Bupati Lahat juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama santri
Bupati Lahat, H Aswari mengunjungi Ponpes Darussalam
Bupati Lahat, H Aswari mengunjungi Ponpes Darussalam

 

Komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam pembangunan ternyata tidak cuma fokus pada sektor infrastruktur, perhatian pada bidang sumber daya manusia (SDM) juga menjadi prioritas khususnya pendidikan keagamaan yang dikelola sejumlah pondok pesantren (Ponpes).

Bupati Lahat, Aswari Riva’i mengatakan, melalui Ponpes dapat membangun jiwa dan raga generasi muda Lahat dengan akhlak dan budi pekerti yang baik.

“Tidak ada artinya seseorang memiliki badan sehat, rupa menawan, ilmu tinggi kalau tidak memiliki budi pekerti dan akhlak yang baik,” papar H Aswari Riva’i dalam acara Milad ke-6 Pesantren Darussalam di Desa Keban Senabing, Lahat, Kamis pekan lalu.

Wari, demikian ia kerap dipanggil mengaku, sangat mengapresiasi keberadaan pesantren untuk mencetak generasi yang memiliki ilmu pengetahuan umum dan agama dengan mengedepankan akhlak juga budi pekerti yang baik.

Ia juga mengungkapkan, Pemkab Lahat siap memberikan suport terhadap kemajuan Ponpes di Bumi Seganti Setungguan yang berjumlah 13 pesantren, karena itu juga bagian dari misi program Lahat Bangkit 2018, pada sektor pendidikan.

“Sektor edukasi merupakan salah satu fokus yang terus kita tingkatkan baik itu pendidikan formal maupun informal,” paparnya.

Menurut Aswari, peningkatan pembangunan pendidikan yang dilakukan Pemkab Lahat dimulai dari jenjang pendidikan anak usai dini (PAUD) hingga ke perguruan tinggi agar kedepan SDM Lahat betul-betul mampu bersaing dengan daerah lain di Indonesia maupun regional.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga melakukan peletakan batu pertama pembangunan asrama santri Ponpes Darussalam.

“Kita berharap sama-sama berdoa ke depan Ponpes ini menempa generasi muda Lahat lebih baik lagi,” katanya.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Darussalam H Romi Oktarius, LC mengemukakan, adanya pesantren jadi pusat  ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu dunia, dengan ilmu kita bisa meraih dunia maupun akhirat, semua harus di cari dengan ilmu.

“Pesantren perlu kita bangun, karena membangun negeri tercinta ini harus pula dengan jiwa dan raga. Telah terbukti lewat pendidikan di pesantren dapat pula melahirkan tokoh nasional bahkan tokoh dunia, jadi yang belajar di pesantren jangan minder kita bisa meraih cta-cita setinggi setingginya,” papar sang ustad, sembari mengunkapkan, telah menyiapkan lahan 21 hektare yang dititipkan umat untuk membangun Darussalam lebih luas lagi.

Kelang satu hari, Bupati Lahat H Aswari Riva’i mengutus Sekretaris Daerah (Sekda) Lahat Nasrun Aswari menghadiri haflah akhirussanah (perayaan akhir tahun) Ponpes Al-Ikhlas di Desa Masam Bulau, Kecamatan Tanjung Sakti.

Aswari melalui Sekda Nasrun Aswari mengatakan siswa adalah aset masa depan Lahat, untuk itu siswa harus menunjukkan Budi Pekerti yang baik terutama yang pernah sekolah Ponpes.

“Para santri merupakan aset masa depan Lahat untuk melanjutkan tonggak estapet kepemimpinan dan pembangunan Lahat,” ujar Sekda Nasrun.

Ia menambahkan, selain punya budi pekerti diharapkan pula para santri menunjukkan prestasi sebagai tanda hormat dan ucapan terimah kasih kepada orang tua yang telah susah payah untuk menyekolahkan. (Adv/Hms)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Fitriyanti

Fitriyanti

Lihat Juga

Bulog Lubuklinggau Siapkan 1,2 Pikul Daging Beku

Lubuklinggau, KoranSN Bulog Lubuklinggau menyiapkan 1,2 pikul atau 1.200 Kg stok daging beku dengan harga ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!