Home / Gema Sriwijaya / Pemkab Muara Enim Usulkan 16 Ribu Jargas Baru

Pemkab Muara Enim Usulkan 16 Ribu Jargas Baru

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Ilustrasi. (foto-net)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim mengusulkan sebanyak 16 ribu jaringan gas (jargas) rumah tangga baru di wilayah Muara Enim pada tahun 2018 mendatang. Untuk tahun 2017 ini, pembangunan jargas mendapat sebanyak 4.785 rumah tangga yang kini pembangunannya masih berlangsung.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Muara Enim, Syarfudin mengakui, usulan penambahan jargas untuk rumah tangga yang berada di Kecamatan Ujan Mas dan Muara Enim. Menurutnya, penambahan tersebut masih dikhususkan untuk rumah tangga yang berada di Kecamatan Ujan Mas dan Muara Enim.

“Ada 16 ribu rumah yang kita usulkan ditahun 2018, pemasangan masih untuk warga berada di Kecamatan Ujan Mas dan Muara Enim,” kata Syarfudin disela kegiatan sosialisasi pengguna di Jargas di Hotel Griya Sintesa Muara Enim, belum lama ini.

Dijelaskan Syarfudin, penambahan jargas tersebut memang dikhususkan diwilayah Kecamatan Ujan Mas dan Muara Enim lantaran wilayah tersebut sudah dipasang pipa jargas induk. Sehingga proses instalasi juga dipastikan lebih cepat dan tidak memakan waktu.

“Jadi penambahan jargas ini bukan saluran baru melainkan untuk memperluas kembali jangkauan pipa jargas yang sedang dipasang sekarang, karena untuk tahap awal kan baru sekitar 5000an yang terpasang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Syarfudin mengatakan ditahun 2018 mendatang, pemasangan jaringan baru untuk jargas rumah tangga juga akan berlangsung diwilayah Kecamatan Lawang Kidul. Sesuai dengan rencana Kementrian ESDM, diwilayah itu siap ditanam pipa jargas untuk mengaliri sekitar 8000 rumah tangga.

“Khusus wilayah Lawang Kidul baru akan dipasang jaringan baru, ini direalisasikan tahun depan 2018,” terangnya.

Sebelumnya, sesuai tahapan awal dari pembangunan jargas wilayah Muara Enim mendapat sebanyak 4785 sambungan rumah tangga yang meliputi kecamatan Muara enim dan Kecamatan Ujan Mas. Pengembangan selanjutnya akan direncanakan ke wilayah Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Enim.

Bupati Muara Enim H Muzakir Sai Sohar dalam beberapa kesempatan mengatakan diadakannya jargas ini adalah selain mengurangi konsumsi BBM, program jargas merupakan langkah strategis pemerintah dalam upaya pemanfaatan energi alternatif.

“Program jargas ini juga dalam rangka mengoptimalkan pemanfataan sumber daya alam gas yang melimpah di Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya. (yud)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Bupati Minta Muratara Kondusif Pada Tahun Politik 2019

Muratara, KoranSN Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), HM. Syarif Hidayat meminta masyarakat agar menjaga Kamtibmas ...

error: Content is protected !!