Pemkab OKI Selaraskan Agenda Daerah dengan Prioritas Nasional

Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE saat bersama Wakil Bupati HM Dja’far Shodiq. (foto-humas pemkab oki)

Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) mematangkan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021. Tujuannya untuk menyelaraskan usulan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan serta rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah dengan program prioritas nasional.

Forum yang dibuka Wakil Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), HM Dja’far Shodiq di Aula Bappeda OKI, Kamis (12/3/2020) membahas lima agenda strategis antara lain Pembangunan Sumber Daya Manusia, Infrastruktur, Penyederhanaan Regulasi dan birokrasi serta transformasi ekonomi.

Kepala Bappeda OKI, Makruf CM SIP mengatakan, prioritas daerah dalam mendukung program nasional diantaranya dengan meningkatkan pemenuhan sejumlah indikator seperti standar pelayanan minimal dibidang pendidikan, kesehatan, penggulangan stunting, serta perlindungan perempuan dan anak.

Baca Juga :   Gubernur Herman Deru Safari Ramadhan di Kota Prabumulih

“Goal kita adalah penurunan angka kemiskinan dengan meningkatkan sejumlah indikator dibidang SDM,” kata Makruf.

Dibidang infrastruktur yang menjadi perhatian khusus, tambah Makruf, terkait pemenuhan standar pelayanan minimal air bersih, sanitasi dan perumahan.

“Juga peningkatan dan perbaikan ruas jalan, jembatan serta irigasi untuk menjadi daya dukung ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Sementara Wakil Bupati OKI, HM Dja’far Shodiq mengungkapkan pentingnya sinkronasi antara usulan masyarakat dengan rancangan Rencana Kerja (Renja) perangkat daerah serta program prioritas nasional dalam penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) tahun 2021.

“Setiap pembangunan pastinya harus diawali dengan perencanaan. Forum ini awal dari meletakkan rancangan program menetapkan rencana kerja Pemda untuk tahun berikutnya. Ini merupakan suatu kewajiban untuk kita semua, bagaimana agar tercipta keterbukaan sebagai pemangku kepentingan yang merencanakan sesuatu secara efisien, sesuai dengan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Baca Juga :   Kholid: Saya Akan Jalankan Pesan Gubernur

Wabup melanjutkan, setiap rupiah yang digelontorkan harus ada multiplayer efek dan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi publik.

“Harus berdampak baik kepada rakyat. Bagaimana kita melihat bahwa apa yang dikerjakan itu adalah kebutuhan rakyat,” terang dia. (adv/iso)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Bupati Banyuasin dan Gugus Tugas Covid-19 Semprot Ruas Jalan Kota Pangkalan Balai Dengan Disinfektan

BUPATI Banyuasin H Askolani SH MH didampingi BPBD Kesbangpol, Kapolres Banyuasin dan Dandim 0430 melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.