Pemkot Lubuklinggau Pemutakhiran Penduduk Miskin

Suasana Pemutakhiran Penduduk Miskin di Kelurahan Cereme Taba. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Pemerintah Kota Lubuklinggau, Selasa hingga 21 Agustus mendatang akan melakukan pemutakhiran penduduk miskin.

Pelaksanaan pemutakhiran data penduduk miskin tersebut disetiap di 72 Kelurahan dalam wilayah Kota Lubuklinggau.

Ketua Bappeda Kota Lubuklinggau, Hj Farida Ariani mengatakan, hasil pendataan melalui pihak kelurahan tersebut nantinya akan disampaikan kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pusat untuk dijadikan sebagai dasar dalam penyaluran berbagai program penanggulangan kemiskinan seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan e-warung, KKS, Kartu Indonesia Pintar ( KIP ), Kartu Indonesia Sehat ( KIS), Rastra, BPJS dan lainnnya.

“Untuk menghidari kesalahan dalam penentuan penduduk miskin di tingkat kelurahan dilakukan secara transpran, akuntabilitasnya juga melalui uji public sebelum dilakukan penandatangan berita acara terhadap hasil pemutakhiran data secara mandiri tersebut . Kemudian besarnya biaya pemutakhiran data yang dilaksanakan secara nasional meliputi semua daerah adalah menjadi salah satu alasan mengapa pemutakhiran data penduduk miskin ini diserahkan kepada daerah “, ujar Farida.

Baca Juga :   Pejabat OKI Tak Laporkan Harta Kekayaan, KPK Beri Catatan

Sementara pantauan di salah satu kelurahan yakni Kelurahan Cereme Taba Kecamatan Lubuklingau Timur II, pada hari perdana pelaksanaan pemutakhiran penduduk miskin tersebut, tampak puluhan bahkan ratusan secara bergantian mendatangi keluarahan.

Masyarakat sebagian besar ibu-ibu dengan membawa identitas seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kepala Keluarga ini, rela antri menunggu giliran petugas dari kelurahan.

“Saya selama ini memang belum pernah mendapatkan bantuan seperti KIS dan lainnnya “, ujar Ny Rita sembari menggendong anaknya yang masih belita.

Sementara itu Lurah Cereme Taba, Hendri Kesumah FJ mengatakan, sesuai petunjuk teknis (Juknis), pendataan pemutakhiran penduduk miskin ini dikhususkan kepada warga yang memang membutuhkan dan selama ini belum pernah mendapatkan berbagai bantuan dari Pemerintah seperti KIS, KIP dan lainnnya.

Baca Juga :   Sekda Muratara Lepas Keberangkatan Pemain U-11 dan U-14 ke Kejurnas di Palembang

Oleh sebab itu mantan Seklur Kelurahan Sukajadi Kecamatan Lubuklinggau Barat I ini menghimbau kepada Ketua RT agar dapat memberikan sosialisasi kepada warganya terkait pemutakhiran penduduk miskin yang dilaksanakan tersebut.

“ Kita minta Ketua RT dapat memberikan pemahaman kepada warga yang benar-benar membutuhkan dan belum pernah mendapatkan bantuan sebelumnnya “, pintanya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Forum Pengusaha Orgen Tunggal di Empat Lawang Berharap Larangan Manggung Dicabut

Empat Lawang, KoranSN Para pengusaha orgen tunggal (OT) di Kabupaten Empat Lawang yang mengatas namakan …