Pemkot Palembang Minta Dukungan BSB Tingkatkan PAD

Walikota Palembang Harnojoyo bersama Sekda Kota Palembang Ratu Dewa. (foto-antaranews)

Palembang, KoranSN

Pemerintah Kota Palembang meminta dukungan Bank Sumsel Babel (BSB) dalam meningkatkan pendapatan asli daerah dari penerimaan pajak karena menargetkan Rp1,3 triliun pada 2019 setelah pada tahun sebelumnya meraup Rp748 miliar.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Minggu (30/6/2019), mengatakan salah satu yang sedang diterapkan pemkot yakni pemasangan tapping box di hotel dan restoran yang peralatannya disediakan BSB.

“Kami berharap kerja sama dengan BSB bisa lebih ditingkatkan lagi, terutama dalam pemasangan tapping box di seluruh hotel dan restoran,” kata Harnojoyo.

BSB sudah berkomitmen akan memasang sebanyak 600 tapping box untuk mendorong percepatan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Palembang. Sementara ini yang sudah terpasang 400 tapping box.

Harnojoyo berharap BSB dan Pemkot Palembang dapat lebih bersinergi lagi, salah satunya dengan mendukung berbagai pendanaan yang dibutuhkan untuk membangun kota ini.

Baca Juga :   2015, Palembang Targetkan Investasi Rp 2,6 Trilliun

“Kami sudah mendapatkan tawaran pembiayaan dari BSB untuk proyek lanjutan restorasi sungai Sekanak-Lambidaro, yang mana BSB menawarkan bunga hanya satu digit. Kami sangat mengapresiasi ini,” kata dia.

Pendapatan Asli Daerah Kota Palembang dari pajak hotel dan restoran meningkat hingga Rp15 miliar selama Januari-Februari 2019 berkat dipasangnya alat pencatat transaksi tapping box di hotel dan restoran.

Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah (BPPD) Kota Palembang Shinta Raharja mengatakan, capaian ini cukup mengembirakan karena Palembang menargetkan peningkatan PAD hingga Rp1,3 triliun pada 2019.

“Seperti diketahui, pendapatan pajak dari hotel dan restoran ini diharapkan melonjak seiring dengan pertumbuhan Kota Palembang. Tentunya hasil ini cukup mengembirakan, tapi harus ditingkatkan lagi,” kata dia.

Baca Juga :   Dharma Pertiwi Daerah B dan Persit Kartika Chandra Kirana Gelar Rakerda

Pemkot secara bertahap akan memasang 1.000 unit tapping box di hotel dan restoran di Palembang sesuai dengan dorongan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Setelah dipasang 400 unit di sejumlah hotel dan restoran di Palembang, bekerja sama dengan Bank Sumsel telah berdampak signifikan pada PAD.

Dalam periode Januari-Februari 2019, PAD Palembang sudah terealisasi Rp90 miliar atau plus Rp15 miliar jika dibandingkan bulan yang sama dalam tiga tahun terakhir. Biasanya pada periode ini hanya meraup Rp65 miliar. (antara/awj)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

TP PKK Sumsel Sinergikan Program Kerja Tahun 2021

Palembang, KoranSN Meskipun pandemi Covid-19 masih terjadi dan mempengaruhi seluruh lini kehidupan, tak terkecuali kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.