Home / Advetorial / Pemkot Prabumulih Raih WTP ke-6 Kalinya

Pemkot Prabumulih Raih WTP ke-6 Kalinya


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya saat foto bersama Plt Perwakilan BPK Sumsel, Teguh Prasetyo dalam acara penerimaan predikat WTP yang ke-6 kalinya. (foto-andi fatra/koransn.com)

BADAN Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sumatera Selatan (Sumsel), memberikan opini atau predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Drs H Jauhar Pahri Ak CA menyebutkan, diraihnya WTP oleh Pemkot Prabumulih merupakan yang ke-6 kalinya.

Menurutnya, BPK RI memiliki standar yang ketat dalam melaksanakan pemeriksaan keuangan yang disebut dengan Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN) dan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

“Opini merupakan pernyataan profesional sebagai kesimpulan pemeriksaan mengenai tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan, yang didasarkan beberapa syarat dan ketentuan,” ujarnya.

Diterangkannya, seperti kesesuaian laporan keuangan dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan Informasi laporan keuangan, efektifitas sistem pengendalian internal serta kepatuhan terhadap ketentuan perundang-undangan khususnya yang berdampak pada adanya potensi dan indikasi kerugian negara.

Baca Juga :   Walikota Buka STQ ke-4 Tingkat Kota Lubuklinggau

Jauhar menyebutkan, predikat WTP diterima atau diserahkan kepada Walikota (Wako) Ir H Ridho Yahya MM didampingi Ketua DPRD, Ahmad Palo SE bertempat di ruang Auditorium Kantor Perwakilan BPK RI Sumsel Jumat kemaren .

Penyerahan opini WTP ini dilakukan oleh Plt BPK Perwakilan Sumsel Teguh Prasetyo SE AK dan diserahkan langsung kepada Walikota Ir H Ridho. Teguh Prasetyo langsung mengucapkan selamat atas diraihnya WTP yang keenam kalinya tersebut.

Sementara itu Walikota H Ridho Yahya mengaku, kalau Prabumulih merupakan Pemda tercepat dalam penyampaian laporan keuangan dengan hasil penilaian mendapat opini WTP dengan urut ke-tiga se Indonesia . “Kedepan, harus terus dipertahankan dan opini WTP dalam penyerahan LKPD dan hasil pemeriksaan. Hasil tetap mengacu pada aturan yang ada,” ujarnya.

Ridho mengucapkan terimakasih kepada SKPD dan DPRD yang sudah bekerja dengan sesuai aturan, sehingga bisa diraihnya WTP yang keenam kalinya.

Baca Juga :   DPRD OKU Setujui RAPBD OKU 2019 Rp 1,5 Triliun

Terpisah Ketua DPRD H Ahmad Palo SE menyampaikan, bahwa capaian Pemkot Prabumulih adalah cerminan keselarasan eksekutif dan legislatif. Fungsi pengawasan DPRD sudah berjalan sebagaimana mestinya.

“Tim audit yang sudah bekerja keras dalam pemeriksaan laporan keuangan Kota Prabumulih Tahun 2018 dan Tim BPK yang melakukan audit di Kota Prabumulih telah memberikan perhatian dan tenaganya untuk membimbing agar sistem pengendalian intern dan pengelolaan keuangan di Kota Prabumulih semakin akuntabel dan transparan,” akunya.

Pihaknya bersyukur dan bangga sekaligus menjadi tanggung jawab yang lebih besar di tahun yang akan datang untuk mempertahankannya.

“Kerjasama yang baik antara BPK dan SKPD Kota Prabumulih dalam mengarahkan laporan keuangan yang baik telah membuahkan hasil, keenam kalinya Kota Prabumulih memperoleh penilaian opini WTP,” paparnya.

Terakhir H Ahmad Palo SE menyampaikan bahwa ini merupakan hasil kerja keras Pemkot Prabumulih dalam hal ini para SKPD, Badan Keuangan Daerah dan jugna kinerja Inspektorat. “Ini kerja tim, kedepan harus terus dipertahankan semangatnya. Agar opini WTP kembali diraih,” pungkasnya. (and/adv)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Bupati Askolani Safari Ramadan di Desa Telang Karya Banyuasin

BUPATI Banyuasin, H Askolani dan Wakil Bupati (Wabup) H Slamet mengunjungi Desa Telang Karya Kecamatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.