Pemprov Sumsel Gandeng Kemenpan RB Sempurnakan Cascading

Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar saat membuka acara penyempurnaan penyusunan cascading bagi seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan . (foto-humas pemprov)

Palembang, KoranSN

Dalam rangka melakukan penyisiran dan pemetaan Cascading, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) menggandeng Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Bertempat di Graha Bina Praja Rabu (17/01/2018), pembukaan acara penyempurnaan penyusunan cascading bagi seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Nasrun Umar.

Untuk diketahui cascading adalah proses penjabaran dan penyelarasan Sasaran Strategis (SS), Indikator Kinerja Utama (IKU) dantarget IKU secara vertikal dari level unit/pegawai yang lebih tinggi ke level unit/pegawai yang lebih rendah.

Dalam kesempatan ini Sekda Provinsi Sumsel, Nasrun Umar mengatakan, guna menaikan peringkat perlu adanya satu komitmen, dalam hal ini dikatakannya Pemprov Sumsel menggandeng Deputi Kemenpan untuk secara langsung mendapat pendampingan dan pembekalan. Apalagi untuk menaikan peringkat minimal 20 organisasi perangkat daerah (OPD) syaratnya harus B.

Baca Juga :   Ishak Mekki Bangga PPPN

“Oleh sebab itu pula dari cascading ini diharapkan ada satu kesepakatan yang dapat menaikan peringkat. Diantara 20 OPD yang wajib B dalam rangka 10 program prioritas Gubernur adalah inspektorat, Bappeda, pertanian, PU Perkim, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan, Dinas Tenaga Kerja,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan arahan Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang meminta OPD untuk secara konsen menyelesaikan tugas ini sampai dengan pertemuan Deputi dan Gubernur Sumsel nanti diahapan seluruh kepada OPD yang ada di lingkungan Pemprov Sumsel.

“Tolong mulai sekarang sampai waktunya nanti betul-betul konsentrasi. Saya ingin peringkat ini menjadi lebih baik di tahun 2018 ini,” tuturnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumsel, Dr Ekowati Retnaningsih, SKM MKes, menambahkan, untuk cascading ini sendiri dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan diskusi bersama dalam rangka memperbaiki cascading.

Baca Juga :   BNI Palembang Bidik Rp 2,2 Triliun dari Tax Amnesty

“Ada dua tugas yang harus kita hasilkan, pertama casceding idea artinya cascading yang sesuai dengan kinerja kita, yang kedua melakukan pemetaan anggaran di OPD masing-masing sesuai renja 2018 dan 2017,” jelasnya

“Tujuan dari Menpan adalah ingin memetakan atau menyisir kegiatan ataupun program yang tidak sesuai dengan casceding itu tujuanya,” pungkasnya. (den/hms)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Elektabilitas Panca-Ardani Sulit Terkejar

Palembang, KoranSN Peluang pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Panca Wijaya Akbar-Ardani (Panca-Ardani) untuk …