Home / Gema Sriwijaya / Pemudik Ramai Lintasi Tol Trans Sumatera

Pemudik Ramai Lintasi Tol Trans Sumatera

Suasana ruas jalan tol Trans Sumatera langsung ramai dilintasi pemudik. (Foto-Maniso/KoranSN)

Kayuagung, KoranSN

Sejak difungsikan mulai H-7 lebaran, ruas jalan tol Trans Sumatera langsung ramai dilintasi pemudik dari Sumatera ke Jawa dan sebaliknya. Pantauan H-5, Kamis (30/5/2019), arus transportasi di tol ini didominasi mobil plat hitam.

Pengamatan di tol Trans Sumatera yakni Terbanggi (Lampung)-Kayuagung (OKI), kendaraan pemudik yang melewati tol didominasi plat A, B, BE, D, E, F, T dan Z. Sedikit kendala bagi pengguna tol, mereka masih “meraba-raba” jalan karena ini kali pertama melintas.

Firman (45) pemudik asal Bandung ditemui kemarin mengatakan, karena jalur tol ini baru dibuka, maka ia juga baru pertama melalui tol ini. “Tidak ada kendala, tapi karena baru dibuka jadi kami masih meraba-raba jalan,”ungkap dia kemarin.

Menurutnya, permasalahan serius yang mereka alami bersama keluarga dalam perjalanan dari Bandung ke Palembang adalah masih minimnya tempat pengisian bahan bakar minyak (BBM) atau SPBU.

Gubernur Sumsel H Herman Deru SH MH saat meninjau tol sebelumnya mengatakan, tol ini kondisinya sudah cukup baik, walaupun hanya dibuka satu arah. Karena masih tahap fungsional, maka hanya dibuka pada siang hingga sore hari. Untuk memastikan keamanan pemudik, nanti ada petugas kepolisian yang distanbykan di sepanjang jalur tol ini.

Baca Juga :   BAZNas Muara Enim Salurkan 635 Paket Sembako

Jalur tol ini terbagi menjadi dua seksi yaitu Seksi I ruas Terbanggi Besar Lampung-Pematang Panggang OKI sepanjang 112 Km dan progress konstruksinya sudah mencapai 91,24 %. Kemudian, pada Seksi II ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 77 Km dan saat ini progress konstruksinya telah mencapai 95,23 %.

Selain itu, Tol Pematang Panggang- Kayuagung (PPKA) juga akan terkoneksi dengan tol Kapal Betung (Kayuagung-Palembang-Betung) yang progresnya kini sudah mencapai 80 persen. Masih dua Persil lagi yang belum diselesaikan yakni di STA 19 karena sebelumnya terkendala kondisi cuaca.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara menuturkan, pihaknya akan menerjunkan puluhan personil yang akan distanbykan di sepanjang jalur tol di wilayah Sumsel. “Mulai H-7 tol mulai dibuka, saat itulah personil kita stanby mengamankan jalur tol agar para pemudik ada rasa aman dan nyaman,”cetusnya.

Sedangkan Kepala Divisi 6 Tol Sumatera Heri Supriadi sebelumnya mengungkapkan, progres Tol Kayuagung- Palembang sudah mencapai 77,7 persen, itu ada yang masih agregat dan sebagian aspal karena saat ini kondisi cuaca kurang baik.

“Agregat sekitar 7 km di titik KM 13, KM 9 – KM 16, tapi ada sebagian aspal. Untuk rest area IC Jejawi di KM 347 fasilitas lengkap seperti toilet, kesehatan, ada mobil derek, ambulance tiga unit dan tim medis,”ungkap Heri.

Baca Juga :   80 Persen Jalan Negara di Sumsel Rusak

Heri menambahkan, untuk pintu keluar dari Pematang- Kayuagung – Jakabaring pintu keluar di Jakabaring, tapi dan satu pintu lagi alternatif exit keluar dari Tanjung Pasir di daerah Jakabaring dan keluarnya sama di Lingkar Selatan.

Kepala Cabang Terbanggi Besar PPKA dari PT Hutama Karya, Yoni Setyo mengatakan, untuk fungsional tol PPKA sudah siap dibuka pada H-7 mendatang hingga H+7.

“Tak hanya itu, mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan pemudik, dari Tol Terbanggi – Pematang Panggang- Kayuagung disiapkan tujuh unit mobil derek, tujuh unit mobil patroli, empat unit mobil ambulance dan 3 unit mobil rescue yang dilengkapi tenaga medis,”cetusnya.

Dari Terbanggi Besar- Kayuagung, pihaknya menyiapkan enam titik rest area dan masih bersifat darurat toilet yang dilengkapi air bersih, musola yang bisa digunakan portable. “Sementara SPBU ada dua jenis, moduler dan motoris,”tukasnya.

Ditambahkannya, masih ada dua titik pengerjaan untuk pelapisan aspal karena kondisi cuaca yang kurang bersahabat. Tapi sebelum H-7 pihaknya optimistis semua sudah selesai dikerjakan karena tol PPKA akan fungsional. “Untuk arus mudik jalan tersebut bisa dilalui pemudik asal Jawa, Lampung ke Sumatera. Sementara arus balik pemudik asal Sumatera ke Jawa. Karena satu pintu jadi nanti akan dilakukan sistem buka tutup,”tandasnya. (iso)

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Optimis Sumsel Kembali Jadi Lumbung Pangan Nasional

Muara Enim, KoranSN Didampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri, Kasdam II Sriwijaya Brigjend TNI …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.