Penahanan Tersangka 5 Komisioner KPU Palembang Tergantung Hakim

Berkas tahap dua dan barang bukti lima tersangka Komisioner KPU Kota Palembang sebanyak 1 boks diserahkan penyidik Gakkumdu Polresta Palembang ke Kejari Palembang, Senin (1/7/2019). (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Penahanan lima Komisioner KPU Palembang yang merupakan tersangka dugaan pidana Pemilu tergantung hakim dalam persidangan yang dalam waktu dekat akan digelar di Pengadilan Negeri Palembang. Apabila hakim memiliki pendapat lain, tentunya kelima tersangka dapat dilakukan penahanan.

Demikian diungkapkan Tim Jaksa Gakkumdu Kejari Palembang, Riko Budiman, Senin (1/7/2019).

Menurutnya, dalam proses penyidikan dan tahap dua dugaan kasus ini, kelima tersangka tidak dilakukan penahanan oleh pihaknya selaku jaksa dikarenakan ancaman hukuman kelima tersangka hanya dua tahun kurungan penjara.

Baca Juga :   Dua Pelaku Bobol Rumah Kosong Diringkus

“Dalam dugaan kasus ini kelima tersangka tidak ditahan karena hukuman pidanannya hanya 2 tahun, kecuali nanti dalam persidangan jika hakim memiliki pendapat lain maka kelimanya dapat dilakukan penahanan,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, sedangkan terkait tahap dua dalam perkara ini, sudah dilakukan oleh penyidik Gakkumdu Polresta Palembang kepada pihaknya selaku Tim Jaksa Gakkumdu Kejari Palembang.

“Dalam tahap dua tersebut, kelima tersangka tidak dapat hadir dengan alasan sedang ada rapat pleno,” katanya.
Diungkapkan Riko, namun walapun kelima tersangka tersebut tidak hadir, untuk proses tahap dua dari kepolisian ke jaksa tetap dapat dilakukan.

“Hal ini diantur dalam Perbawaslu dan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu Pasal 480 ayat (4), bahwa tahap dua dapat dilakukan tanpa dihadiri tersangka,” terangnya.

Baca Juga :   Penyelidikan Fee Proyek Empat Lawang Bakal Distop

Lebih jauh dikatakan Riko, dengan telah dilakukannya tahap dua dari penyidik kepolisian kepada jaksa maka langkah selanjutnya yang dilakukan oleh pihaknya, yakni meneliti berkas perkara dan barang bukti untuk persiapan pelimpahan berkas ke pengadilan.

“Sekitar 5 hari kedepan berkasnya baru kami limpahkan ke pengadilan, sehingga para tersangka dapat segara disidangkan. Dalam pelimpahan berkas perkara ke pengadilan tersebut, kami juga akan melimpahkan sejumlah barang bukti berupa dokumen yang telah kami terima dari Penyidik Gakkumdu Polresta Palembang,” pungkasnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Dua Anggota Polres OKU Diberhentikan Karena Terlibat Narkoba

Baturaja, KoranSN Dua anggota Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan diberhentikan secara tidak hormat dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.