Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Lacak / Pencuri Kelapa Sawit Diringkus

Pencuri Kelapa Sawit Diringkus

Barang bukti truk dan buah kelapa sawit yang diamankan dari penangkapan tersangka Leo Abadi. (foto-antaranews)

Banyuasin, KoranSN

Kasus pencurian buah kelapa sawit milik salah satu perusahaan di Banyuasin, yang berlokasi di Desa Sri Kembang, kini berhasil diungkap oleh jajaran Polsek Betung.

Terungkapnya kasus pencurian tersebut hasil penyelidikan berdasarkan laporan korbannya dengan Nomor LP: LP/B-30/IX/2019/ Sek Betung, tanggal 20 September 2019.

Sementara pelaku yang ditangkap, yakni tersangka Leo Abadi (23), warga Tebing Dayat Kelurahan Betung Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin.

Dalam aksinya, pelaku memetik buah kelapa sawit dari batang ke batang, kemudian pelaku mengumpulkan buah tersebut ke pinggir jalan selanjutnya diangkut dengan menggunakan mobil truk.

“Kronologis kejadian terjadi pada Jumat (20/9) lalu, sekira jam 04.30 WIB, bertempat areal perekbunan di Desa Sri Kembang Betung Banyuasin. Dalam aksinya tersangka mencuri kelapa sawit dengan cara memetik buah kelapa sawit dari batang ke batang,” kata Kapolsek Betung Iptu Toto Hernanto, Selasa (12/11/2019).

Baca Juga :   Heboh, Warga Air Itam PALI Temukan 7 Paket Ganja Kering di Dalam Sumur

Kemudian jelas Kapolsek yang baru sepekan menjabat Kapolsek Betung tersebut, para pelaku mengumpulkan hasil pencurian buah kelapa sawit tersebut di pinggir jalan sebanyak 225 tandan.

Namun pada saat para pelaku sedang menaikan buah kelapa sawit dengan menggunakan truk warna kuning, aksi pelaku sempat diketahui oleh Satpam yang sedang patroli.

“Tapi pelaku langsung lari dan kabur, akibat kejadian tersebut pihak perusahaan mengalami kerugian sebesar kurang lebih Rp 4.200.000 dan melaporkan kasus tersebut ke SPK Polsek Betung,” ujar dia.

Berdasarkan laporan tersebut Unit Reskrim Polsek Betung langsung melakukan penyelidikan keberadaan para pelaku. Dan dari penyelidikan itu, ada masyarakat memberitahukan bahwa pelaku yang melakukan pencurian buah kelapa sawit tersebut sedang berada di rumahnya.

Baca Juga :   Puluhan Kendaraan Terjaring Operasi Zebra Polsek Talang Ubi

Mendapat informasi tersebut kemudian pihak kepolisian melakukan penangkapan terhadap pelaku tanpa adanya perlawanan. Kemudian dilakukan introgasi terhadap pelaku, dan tersangka mengakui bahwa melakukan pencurian tersebut bersama tiga pelaku lainnya yang masih buron.

“Selanjutnya dilakukan pengejaran terhadap para pelaku tapi sudah tidak ada dirumah. Lalu untuk tersangka yang ditangkap di bawa ke Polsek Betung guna penyelidikan lebih lanjut. Dan tersangka diancam dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman kurungan 5 tahun penjara,” tegas dia.

Selain mengamankan tersangka lanjut Kapolsek, pihaknya juga mengamankan barang bukti berupa satu unit truk, satu tas ransel, satu buah jojoh dan buah kelapa sawit sebanyak 225 tandan.

“Tindakan yang dilakukan yakni mengamankan tersangka, melakukan BAP terhadap tersangka, melengkapi mindik, menahan tersangka dan lakukan lidik terhadap pelaku lainnya,” tandas dia. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Motor Masuk Proyek Tol Palembang-Kayuagung, 1 Tewas 1 Patah Tangan

Kayuagung, KoranSN Lakalantas akibat kendaraan bermotor nekad masuk proyek tol kembali terjadi. Jika sebelumnya satu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.