Minggu , Oktober 21 2018
Home / Nasional / Peneliti Lapan Sebut Fenomena ‘4 Matahari’ yang Viral Langka

Peneliti Lapan Sebut Fenomena ‘4 Matahari’ yang Viral Langka

Viral matahari terlihat berjumlah empat atau fenomena sun dog. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Penampakan matahari yang seolah-olah ada empat di Kepulauan Riau seperti di video viral adalah fenomena sun dog. Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebut fenomena ini langka.

“Ini termasuk yang langka, ya. Langka bisa sejelas itu. Makanya masyarakat kelihatan di video itu kaget, heboh, karena mataharinya kelihatan banyak. Dan mereka belum tercerahkan tentang sun dog ini,” kata Peneliti Sains Atmosfer Lapan, Erma Yulihastin, Kamis (11/10/2018).

Erma menjelaskan fenomena sun dog di Indonesia hanya terjadi pada musim kemarau. Sebab, sun dog bisa muncul saat sinar matahari menerobos awan sirus, dan awan sirus biasanya terbentuk di langit Indonesia saat kemarau.

Baca Juga :   Jemaah Puji Pelayanan Haji 2018

“Awan sirusnya sendiri awan musim kemarau, bisa dikatakan seperti itu. Kenapa? Karena di musim kemarau itu kan minim uap, ya, minim uap air yang hangat. Yang terjadi, pembentukan awan tidak terlalu masih,” papar Erma.

Sebelumnya, sebuah video penampakan matahari viral di media sosial. Matahari sebagaimana dalam video tersebut seakan-akan tidak hanya satu, tapi terlihat ada di beberapa titik.

Dalam video, tampak warga heboh menatap langit. Tak sedikit warga yang juga mengabadikan fenomena matahari yang seolah-olah ada empat itu. (detikcom)

Baca Juga :   Menang dari Etihad Airways, Hadiah Besar Bagi Disabilitas
CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Cegah Infeksi, Daerah Terdampak Likuifaksi Palu Disemprot Cairan Kimia

Balaroa, KoranSN Helikopter MI-8 memulai melakukan water bombing atau pengemboman material disinfektan di wilayah terdampak ...

error: Content is protected !!