Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Gema Sriwijaya / Penerbitan Badan Hukum Koperasi Beralih ke Kemenkumham

Penerbitan Badan Hukum Koperasi Beralih ke Kemenkumham

Junaidi Kabid Bina Lembaga Koperasi Dinas Koperasi UKM Musirawas, Junaidi memperlihatkan keberadaan koperasi dan UKM dibawah pembinaannnya.(foto-istimewa)

Musirawas, KoranSN

Saat ini untuk pendirian koperasi, badan hukumnya diterbitkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM). Sebelumnya untuk pendirian koperasi diterbitkan oleh Kementerian Koperasi.

Kepala Dinas Koperasi UKM Kabupaten Musirawas, Yamin Fabli melalui Kabid Bina Lembaga Koperasi (BLK) Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Musi Rawas (Mura), Junaidi mengatakan surat keputusan tersebut mulai efektif sejak 28 September 2019 yang lalu. Pihaknya sudah mensosialisasikan itu ke sebagian pengurus koperasi.

“Diinformasikan sekarang untuk pendirian koperasi, badan hukumnya diterbitkan oleh KemenkumHAM,” jelasnya, Senin (2/12/2019).

Baca Juga :   Sedekah Pedusunan di Banyuasin Disambut Antusias Masyarakat

Dalam hal pendirian koperasi, pihaknya bertugas memfasilitasi. Seperti halnya ada yang ingin mendirikan koperasi, dinas koperasi dan UKM memfasilitasinya ke notaris. Kemudian notaris mengusulkan penerbitan badan hukum dan pembuatan akte pendiri koperasi.

“Kita nanti cek ke lapangan, kita teruskan ke notaris. Notaris yang memfasilitasi ke KemenkumHAM,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepengurus koperasi mengenai pendirian koperasi badan hukumnya diterbitkan oleh KemenkumHAM dan tidak lagi oleh Kementerian Koperasi.

Sementara itu berdasarkan data, pihaknya di Kabupaten Mura terdapat 692 koperasi. Diantaranya bergerak di bidang sawit maupun simpan pinjam dan jasa. Dan di 2020, pihaknya berencana melakukan validasi terhadap jumlah koperasi untuk mengetahui keakuratan berapa jumlah koperasi yang aktif maupun tidak.

Baca Juga :   Ilyas Panji Alam Rombak Gerbong Pemerintahan

“Rencananya di 2020 kita akan lakukan validasi. Sebab kita mau tahu keakuratannya,” ujarnya. (rif)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

PT Banjar Sari Pribumi Sambangi Korban Banjir di Lahat

Lahat, KoranSN Pasca bencana banjir di Kabupaten Lahat masih menyisakan pilu bagi korban yang terkena …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.