Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020

Pengabdian Kepada Masyarakat Decoupage

Peserta pelatihan pembuatan kerajinan decoupage foto bersama. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Palembang telah dilakukan di RT.30 RW. 007 Kelurahan Kalidoni Palembang. Dihadiri ibu RT.30, Parina, acara yang diadakan pada tanggal 23 Januari lalu berjalan dengan lancar dan dipenuhi antusias oleh para peserta.

Ibu program kesejahteraan keluarga atau yang sering disingkat PKK RT.30 didominasi ibu-ibu muda yang kesehariannya menetap dirumah sehingga tema Pengabdian Kepada Masyarakat “Pemberdayaan ibu – ibu PKK melalui pelatihan pembuatan decoupage berbasis industri kreatif” sangatlah cocok.

Nidya Wisudawati, Dosen FT UM-Palembang yang didaulat sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut berkesempatan mempresentasikan di acara yang diadakan di kediaman RT. 30. Dalam kegiatan tersebut, peserta diberi arahan agar dapat memanfaatkan handphone dan internet yang ada sebagai media berbisnis. “E-commerse dan sosial media yang sudah ada di dalam handphone bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang bisnis, yaitu bisnis kerajinan Decoupage. Decoupage adalah seni menempel tisu dan memadukan warna dasar ke media yang akan ditempelkan. Kerajinan tangan berbahan pandan yang dijual murah dapat menjadi suatu karya yang bernilai tinggi dengan aplikasi seni decoupage,”ujarnya.

Baca Juga :   Harga Bawang di Baturaja Anjlok Rp 12.000/Kg

Dikatakannya, kegiatan yang merupakan bagian dari Catur Dharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah rutin dilakukan tiap semester dengan tujuan mengaplikasikan ilmu yang dimiliki oleh dosen. Harapan yang ingin dicapai agar ibu-ibu rumah tangga yang ada dapat mengisi harinya dengan kegiatan bermanfaat bahkan dapat membantu perekonomian keluarga walaupun semuanya hanya dikerjakan dari rumah saja.

Beragam produk seperti dompet koin, tas, clutch berhasil dibuat oleh ibu PKK yang sangat antusias. Hasil karya tersebut pun sudah siap untuk dipasarkan atau dijual melalui e-commerse. Sementara sebagian ibu lainnya langsung memanfaatkan media sosial seperti whatsapp dan facebook sebagai media memasarkan karyanya tersebut. (ima)

Baca Juga :   Yamaha X Youtuber Palembang Bluecore Fun Riding Touring

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

OJK Dorong Inklusi Keuangan Pelajar

Jakarta, KoranSN Otoritas Jasa Keuangan terus meningkatkan sinergi bersama industri perbankan, kementerian dan pemerintah daerah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.