Pengelola Objek Wisata di Lampung Diminta Jamin Keamanan Pengunjung

Sejumlah pengunjung bermain di pantai Padang sambil menunggu terbenamnya matahari 2011 di Padang, Sumbar. (foto-antaranews)

Bandarlampung, KoranSN

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung mengingatkan para pengelola objek wisata agar menjamin kesehatan dan keamanan para wisatawan selama operasional di masa adaptasi kebiasaan baru.

“Kita saat ini menjalankan dua hal bersama-sama, satu sisi kita menjaga agar ekonomi berjalan melalui pariwisata, dan di sisi lain kita harus mencegah penularan COVID-19,” ujar Kepala Disparekraf Provinsi Lampung Edarwan di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan pariwisata di masa adaptasi kebiasaan baru harus mampu menumbuhkan rasa percaya dan rasa aman untuk menarik kunjungan wisata.

Baca Juga :   HPI: Kandasnya Kapal Aqua Tidak Pengaruhi Kunjungan Wisata

“Rasa percaya atas keamanan kesehatan wisatawan untuk berwisata harus ditumbuhkan, oleh karena itu objek wisata harus menjamin kesehatan wisatawan saat berwisata dengan menerapkan protokol kesehatan ketat,” katanya pula.

Dia menjelaskan ada empat faktor yang wajib dipenuhi oleh setiap objek wisata agar mampu menarik wisatawan datang ke Lampung, yaitu kebersihan, kesehatan, keamanan serta berkelanjutan.

“Empat faktor tersebut wajib dimiliki, minimal protokol kesehatan dan fasilitas mitigasi bencana harus ada,” ujarnya lagi.

Menurutnya, saat ini Disparekraf dalam tahap meyakinkan wisatawan dan melakukan persiapan, agar protokol kesehatan dapat diterapkan di semua objek wisata.

Baca Juga :   Babel Tetapkan Tiga Lokasi Pembangunan Planetarium Eduwisata

“Hingga akhir tahun kita dalam tahap meyakinkan wisatawan, dan belum menargetkan jumlah kunjungan wisata, kita mempersiapkan agar semua dapat mematuhi protokol kesehatan di objek wisata,” kata Edarwan lagi. (antara/ima)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Asuransi Perjalanan COVID-19 Jadi Syarat Pokok Liburan

Jakarta,KoranSN Kebijakan asuransi COVID-19 kini ikut bergabung dengan paspor dan tabir surya sebagai syarat pokok …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.