Pengrusakan Gereja Santo Zakaria di OI Murni Kriminal

Kombes Pol Slamet Widodo. (foto-humas polda)

Palembang, KoranSN

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Slamet Widodo, Minggu (18/3/2018) mengutarakan, kasus pengrusakan Gereja Santo Zakaria di Ogan Ilir (OI) merupakan tindakan kejahatan murni kriminal dan tidak ada kaitan dengan agama maupun SARA.

Diungkapkannya, bahkan saat ini pihak kepolisian telah menangkap sejumlah tersangka dalam dugaan kasus ini dan penyidik masih melakukan pemeriksaan.

“Sudah ada yang ditangkap tersangkanya dan kini masih didalami dan dikembangkan kasusnya,” katanya.

Disinggung terkait pengrusakan gereja tersebut diduga dilatarbelakangi permasalahan pemilihan kepala desa? Slamet Widodo belum dapat menjelaskannya, karena kasus tersebut masih dalam proses pendalaman penyelidikan oleh pihak kepolisian.

“Namun yang jelas tersangkanya sudah ada yang ditangkap. Dari pemeriksaan, kejadian tersebut murni kriminal tidak ada unsur agama maupun SARA, dan kini kasusnya masih dikembangan guna mengungkap motif sebenarnya. Dalam pengungkapkan kasus ini, Polda Sumsel menurunkan penyidik memback-up Polres Ogan Ilir,” ujarnya.

Baca Juga :   Kapolda: Tangkap Hidup Atau Mati 5 Perampok Sadis di OKU Timur

Masih dikatakan Slamet, dari pemeriksaan sejumlah saksi juga diketahui jika gereja yang dirusak tersebut sudah berdiri puluhan tahun dan selama ini di lokasi kejadian tidak pernah ada permasalahan.

“Selama 20 tahun belakangan ini adem adem saja, tidak ada masalah. Bahkan di kawasan tersebut menjadi percontohan kerukunan umat beragama, untuk itulah dari hasil penyelidikan pengerusakan gereja tersebut murni karena tindakan kriminal. Sementara untuk tersangkanya akan dijerat dengan pidana tentang pengrusakan,” pungkasnya.

Diberikatakan sebelumnya, Kapel Santo Zakaria yang merupakan rumah ibadah umat Kristiani di Dusun II Desa Mekar Sari Kecamatan Rantau Alai Kabupaten Ogan Ilir, Kamis dini hari (8/3/2018) dirusak orang tak dikenal. Usai kejadian pihak kepolisian dari Polres Ogan Ilir dan Polda Sumsel langsung melakukan penyelidikan untuk menangkap para pelakunya. (ded)

Baca Juga :   Penyidik Temukan Fakta Baru Kasus Kebakaran Kejagung
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Dalami Pembelian “Wine” Oleh Edhy Prabowo dari Suap Ekspor Benur

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi saksi karyawan swasta Ery Cahyaningrum soal pembelian minuman …