Home / Kota Musi / Pengunjung Keluhkan Sungai Sekanak Banyak Sampah

Pengunjung Keluhkan Sungai Sekanak Banyak Sampah

Sampah yang berada di aliran Sungai Sekanak yang mengganggu keindahan. (foto-reigan/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Salahsatu destinasi wisata baru di Kota Palembang, Sekanak Bersolek dikeluhkan para pengunjung. Sebab, daerah yang digadang bakal menjadi tempat berkumpul muda-mudi warga kota pempek ini masih dibenuhi dengan banyaknya sampah yang ada di aliran Sungai Sekanak.

Pantauan Suara Nusantara, Rabu (14/2/2018) Sekanak Bersolek tidak hanya dipenuhi warna-warni dari cat baik di dinding dam maupun di pagar-pagar rumah warga. Akan tetapi, juga diwarnai dengan banyaknya sampah dari hasil limbah rumah tangga di aliran sungai. Meski ada empat orang petugas kebersihan nampak berupaya keras menyaring sampah-sampah yang ada.

Rangga (20) salahsatu pengunjung Sekanak Bersolek, menuturkan dirinya merasa risih melihat pemandangan sampah yang ada di aliran Sungai Sekanak. Dimana, menurutnya kawasan yang di revitalisasi Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dan diresmikan beberapa waktu lalu ini, nampaknya masih banyak persoalan.

“Kita berkunjung ke sini untuk berkumpul dan mengabdikannya melalui foto jadi tidak nyaman dengan banyaknya sampah yang ada di aliran air. Tentu sampah ini sangat mengganggu pemandangan dan merusak keindahan,” ungkapnya.

Senada, Leti (23) warga Jalan Merdeka menambahkan, dirinya bersama teman lainnya biasa berkumpul di kawasan Sekanak Bersolek ini untuk sekedar menghabiskan waktu sore hari.

Meski demikian, lanjut Leti, selain air sungai yang dangkal pada waktu sore hari sampah biasanya banyak mengapung di aliran sungai. Meskipun tidak sedikit petugas kebersihan yang telah membersihkan kawasan tersebut.

“Kami berharap pemerintah bisa memberikan solusi bagaimana cara mengatasi sampah di air. Kita ketahui kawasan ini bakal menjadi salahsatu destinasi wisata di Kota Palembang untuk menghadapi event Asian Games,” jelasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengungkapkan, selama ini upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palembang sudah maksimal. Hanya saja, masih perlu terus mensosialisasi pentingnya menjaga kebersihan aliran sungai kepada masyarakat.

“Kita akui sampah di sekanak memang masih menjadi persoalan, berbagai upaya terus dilakukan Pemkot Palembang dan dinas terkait hingga sekarang. Kami sudah mengajak beberapa tokoh masyarakat, sesepuh dan alim ulama untuk mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan,” kata Isnaini.

Isnaini menambahkan, beberapa langkah awal telah dilakukan pihaknya dengan menggandeng para tokoh masyarakat guna menyadarkan dampak buruk dari membuang sampah di aliran sungai.

“Membuang sampah ke sungai ini masih jadi perilaku yang buruk, sehingga perlu diingatkan. Sejauh ini sudah bekurang jauh sekitar 70 persen. Sebagian besar sampah di aliran Sungai Sekanak ini memang terbawa dari bagian ulu sungai,” pungkasnya. (rgn)

Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Sumsel Terpandang di Mata Internasional

Palembang, Koransn Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo menyampaikan apresiasinya kepada seluruh stakholder Pemerintah Daerah ...

error: Content is protected !!