Home / Gema Sriwijaya / Pengurus PKK Muara Enim Dilantik

Pengurus PKK Muara Enim Dilantik

Bupati Muara Enim Lantik Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Masa Bhakti 2018-2023. (Foto-Yudi/KoranSN)

Muara Enim, KoranSN

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM melantik Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Masa Bhakti 2018-2023 yang dilangsungkan di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, Senin (29/10/2018) sekitar pukul 09.30 wib.

Bupati Muara Enim mengucapkan selamat dan sukses telah dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim pada Tanggal 18 September 2018 lalu oleh Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang dan anggota TP PKK Kabupaten Muara Enim yang baru saja dilantik.

“Semoga, Ketua beserta jajaran pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Muara Enim Periode 2018-2023 dapat menjalankan kepercayaan yang telah diberikan dengan penuh amanah,”harap Ahmad Yani.

Dengan dilantiknya, Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim, lanjut Ahmad Yani, dia selaku Ketua Pembina PKK Kabupaten Muara Enim menyampaikan agar TP PKK Kabupaten Muara Enim, sebagai mitra kerja pemerintah dapat terus mendukung upaya pembangunan khususnya di Kabupaten Muara Enim.

Baca Juga :   Pedamaran Timur, Pionir Kecamatan Literasi Berbasis Lingkungan

PKK kata Ahmad Yani sangat berperan penting dalam pemberdayaan ekonomi keluarga,PKK adalah gerakan yang muncul dan tumbuh dari bawah dengan wanita khususnya para ibu sebagai penggeraknya.

Tujuan utama gerakan PKK dijelaskannya, adalah mewujudkan keluarga sejahtera,yakni,keluarga yang mampu menciptakan, keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara kemajuan lahir dan batin.

Dilanjutkannya, keluarga harus diupayakan menjadi sejahtera karena keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai arti besar dalam proses pembangunan. Hal yang menjadi tantangannya adalah bagaimana membudayakan PKK sesuai dengan eksistensianya.

Apabila, program-program tersebut sudah membudaya jelas Ahmad Yani, maka PKK dapat menjadi pilar yang kokoh, tidak hanya berfokus pada kesejahteraan,namun PKK juga dapat menekan laju pertumbuhan penduduk dengan KB, melalui program pengembangan berkoperasi PKK dapat menanamkan dasar demokrasi ekonomi. PKK juga mengenalkan strategi untuk mengembangkan usaha guna meningkatkan taraf hidup melalui pembinaan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K).

Menurut Ahmad Yani, Visi Gerakan PKK adalah terwujudnya keluarga sejahtera untuk menuju masyarakat madani,yakni masyarakat yang maju, mandiri, demokratif, partisipatif dan sadar hukum. Dengan visi tersebut,setiap keluarga disadarkan akan perannya untuk ikut mewujudkan masyarakat madani. Salah satu upaya untuk mewujudkan visi gerakan PKK adalah dengan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :   Gubernur HD Hadiri Paripurna HUT OKU Selatan

Menurutnya, pemberdayaan masyarakat akan terwujud bila ada upaya untuk memberdayakan keluarga yang dapat diupayakan dengan fasilitasi non instruktif guna meningkatkan pengetahuan dan kemampuan. Pemberdayaan keluarga ini penting karena menghasilkan kemandirian keluarga.

“saya berharap kepada Ketua Tim Penggerak PKK yang baru untuk dapat melanjutkan tugas mewujudkan visi-misi program pokok PKK. Selain itu, agar Ketua TIM penggerak PKK yang baru segera menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru, lalu, menyusun program kerja yang akan dijalankan,”ungkap Ahmad Yani.

Selaku Pemerintah Daerah diharapkan agar Tim PKK Kabupaten Muara Enim turut membantu dalam akselerasi penuntasan berbagai program pembangunan dan mengisntruksikan kepada seluruh OPD terkait wajib mendukung penuh seluruh program PKK,sebagai upaya bersama mewujudkan Kabupaten Muara Enim unyuk rakyat yang agamis, berdaya saing,mandiri, sehat dan sejahtera (Merakyat) sebagaimana visi yang ingin dituju bersama. (yud)


Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Pemkab Empat Lawang Kerjasama dengan UGM

Empat Lawang, KoranSN Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta sepakat ...