Pentagon: Uji Coba Rudal China di Laut Selatan ‘Menganggu”

15 pesawat tempur dari kapal induk China Liaoning mengadakan latihan di sebuah wilayah di Laut China Selatan. (foto-antaranews)

Washington, KoranSN

Pentagon, markas departemen pertahanan Amerika Serikat, pada Selasa (2/7/2019) mengatakan peluncuran rudal China baru-baru ini di Laut China Selatan “mengganggu” dan bertentangan dengan janji China yang tidak akan melakukan militerisasi jalur perairan bersengketa.

Laut China Selatan merupakan biang permasalahan dalam hubungan Amerika Serikat dan China, selain perang dagang, sanksi AS dan Taiwan.

Kedua negara kerap saling melemparkan pernyataan pedas pada pada masa lalu atas apa yang menurut Washington merupakan militerisasi Beijing terhadap Laut China Selatan dengan membangun fasilitas militer di pulau dan terumbu karang buatan.

Baca Juga :   Trump Kampanye Untuk Kacaukan Upaya Pemakzulan Dirinya

Pejabat AS, yang meminta namanya dirahasiakan, mengungkapkan bahwa China melakukan uji coba sejumlah rudal balistik antikapal selama akhir pekan.

“Tentu saja Pentagon mengetahui peluncuran rudal China dari struktur buatan manusia di Laut China Selatan dekat Pulau Spratly,” kata juru bicara Pentagon, Letnan Kolonel Dave Eastburn.

“Saya tidak akan berbicara atas nama negara berdaulat di kawasan tersebut, tetapi saya yakin mereka sepakat bahwa perbuatan PRC bertentangan dengan klaim mereka yang ingin menghadirkan perdamaian di kawasan tersebut. Jelas tindakan seperti ini menjadi pemaksaan yang bertujuan mengintimidasi pengaku (Laut China Selatan) lainnya,” kata Eastburn. PRC merupakan singkatan dari People’s Republic of China (Republik Rakyat China). (Antara/Reuters/ags)

Baca Juga :   Banjir Bandang di Taman Nasional Hell's Gate Kenya Menelan Korban
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Sistem ‘uji dan lacak’ COVID Irlandia Kewalahan Akibat Lonjakan Kasus

Dublin, KoranSN Sistem pelacakan COVID-19 Irlandia kewalahan akibat lonjakan kasus, yang memaksa layanan kesehatan dalam …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.